Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meraih penghargaan tertinggi dari Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yaitu "Astha Brata Madya Utama Pamong Praja."

"Penghargaan ini khusus di bidang pemerintahan," kata Syahrul usai menerima panggilan telepon terkait pemberian penghargaan tersebut di Makassar, Senin.

Jika tidak ada aral melintang, menurut Syahrul penghargaan tersebut akan diserahkan pada Kamis (1/3).

"Penghargaannya akan melalui upacara kehormatan di Kamppus IPDN Jatinangor, dan dihadiri seluruh bupati," ucapnya.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Sulsel Devo Khadaffi, penghargaan ini diberikan bagi pamong praja sejati yang mampu mengamalkan ajaran Astha Brata yang berisi delapan nilai utama termasuk bagi mereka yang berhasil menjalankan pemerintahan dengan baik.?

Kedelapan nilai tersebut yakni matahari, bulan, bintang, angin, langit, api, samudera dan bumi.

Penghargaan ini merupakan yang tertinggi dari IPDN kepada kepala daerah setelah melalui serangkaian penilaian. Penghargaan diberikan kepada gubernur yang berprestasi luar biasa dalam bidang pemerintahan dan gubernur yang berhasil membina dan mengarahkan serta memberdayakan para alumni sekolah pemerintahan/purna praja.

Syahrul, kata dia juga dinilai berhasil memimpin Provinsi Sulsel sebagai provinsi terbaik dalam pelaksanaan pemerintahan.

Hal itu, menurut Devo, terlihat dari diterimanya berbagai lencana dan penghargaan dari Presiden seperti Bintang Mahaputra dan berbagai penghargaan lain dari nasional dan internasional sebanyak 241 penghargaan sejauh ini untuk Gubernur Syahrul dan Provinsi Sulsel.

Penghargaan dari IPDN ini akan menjadi penghargaan ke 242. Terakhir, dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) meraih penghargaan yaitu, UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan TPH Provinsi Sulsel ,serta UPTD Otoritas Kompenten Keamanan Pangan Daerah Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulsel.

Keduanya meraih predikat sebagai Unit Pelayanan Berprestasi Utama atas Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat dengan Baik pada penyerahan penghargaan?Abdi Bakti Tani di Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (23/2) lalu.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024