Makassar (Antaranews Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan memyiapkan atlet terbaik untuk bersaing di kejuaraan nasional senior-junior di Jakarta, pada Mei 2018.

Pelatih Atletik Sulsel, Abdul Kadir di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya akan segera menggelar seleksi atlet untuk menentukan siapa yang dianggap memiliki peluang untuk bersaing dan meraih prestasi di kejurnas tersebut.

"Kita segera menggelar seleksi terbuka untuk seluruh atlet di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Kami berharap pengcab mengirimkan wakilnya jika ingin meperkuat Sulsel di kejurnas nanti," katanya.

Soal berapa atlet yang akan dipilih dalam seleksi nanti, dirinya mengaku tidak memberikan batasan. Artinya jika pada seleksi nanti memiliki kemampuan yang mendekati atau memenuhi catatan waktu dipersyaratkan maka tentu akan direkomendasikan bergabung dalam tim Sulsel.

Sebaliknya jika ternyata tidak memenuhi batas waktu yang ditetapkan tentu tidak bisa diakomodasi karena akan membuat peluangnya berprestasi lebih sulit, katanya.

Apalagi kejuaraan nasional akan diikuti para atlet terbaik dengan kecepatan yang sudah diuji di daerah masing-masing sehingga akan lebih ketat. Itu pun yang membuat pihaknya memilih membuka seleksi terbuka untuk mencari atlet yang paling berkualitas.

"Untuk agenda seleksi kita rencanakan pada 24 Maret 2018. Kami meminta seluruh atlet untuk lebih fokus meningkatkan kemampuan agar bisa memenuhi syarat waktu yang dipersyaratkan," katanya.

Ia menjelaskan untuk atlet junior rencananya akan diikuti para atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sulsel. Namun demikian, pihaknya membuka diri untuk mencari atlet yang lain sehingga tetap akan terjadi persaingan secara sehat.

Pihaknya berharap siapa pun yang terpilih dalam seleksi bisa membuktikan kemampuannya sekaligus meraih prestasi untuk Sulsel.

Untuk pesaing Sulsel di kejurnas, ia mengakui jika secara umum kualitas atlet cukup merata dari berbagai daerah. "Untuk itu penting melihat batas waktu yang dicatatkan atlet sebelum diputuskan tampil di kejurnas 2018," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024