Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meresmikan pemanfaatan "Balla` Kayua" (Rumah Kayu) di Kabupaten Gowa, Jumat.

"Pembangunannya dimulai sejak 25 September 2015 dan Insya Allah akan dimanfaatkan hari ini," kata Ketua Panitia Pembangunan Muhammad Yamin Yacob pada seremonial peresmian pemanfaatan fasilitas tersebut.

Ia menjelaskan dalam Kompleks rumah kayu ini akan dilengkapi dengan rumah penitipan bayi, taman agrowisata, taman baca (perpustakaan), dan taman bermain anak dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menambahkan, selain dimanfaatkan sebagai perpustakaan, dan taman pembelajaran, juga akan ada museum berisi koleksi pribadi Syahrul yang menceritakan perjalanan karirnya, termasuk baju dan foto-foto miliknya.

"Di museum Balla Kayua, tempat ini terdapat 6.000 judul bukuku, baju-baju seragam sejak jadi lurah, camat, songkok, ada 500 lebih badik, dan foto, video pidato, serta meja kerja saya," tuturnya.

Gubernur juga beberapa kali menyampaikan sangat serius membangun PAUD dan tempat penitipan anak. Bahkan, ia beberapa kali mengatakan pada berbagai kesempatan akan ikut mendidik anak usia dini dan dekat dengan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Saya berharap ada PAUD, di sini mereka satu jam diberikan cerita, satu jam bermain. Biar cucu saya juga di sini, tidak susah kalau saya panggil," ucapnya.

Ia juga ingin ada sekolah khusus ditempat ini. Terutama untuk mendidik mereka agar menjadi anak bangsa yang baik dan berkualitas.

Usai memberikan sambutan, Syahrul memberikan buku perjalanan hidupnya "SYL Undercover", kemudian SYL bersama istrinya Ayunsri Harahap meresmikan perpustakaan dan menanam dua pohon kayu eboni atau kayu hitam di taman agrowisata.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024