Makassar (Antaranews Sulsel) - PT Bank Rabobank International Indonesia pada tahun anggaran 2018 menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit hingga Rp14 triliun untuk membantu pembiayaan pada sektor budidaya perikanan (aquacultur) dan pangan (agrikultur).

"Untuk tahun ini kita tetap menargetkan pertumbuhan pada penyaluran kredit kita dan kalau tahun lalu itu sekitar Rp10 triliun, tahun ini meningkat hingga Rp14 triliun," ujar Direktur Utama Rabobank Indonesia, Jos Luhukay di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, ketahanan pangan dan perkebunan merupakan industri yang sangat potensial di Indonesia sesuai dengan arah tujuan strategis pemerintah dalam mencapai swasembada pangan.

Jos mengaku jika PT Bank Rabobank International Indonesia sebagai bank yang berfokus memberikan penyaluran pada pangan dan budidaya perikanan berupaya meningkatkan pertumbuhan penyaluran kredit hingga 40 persen tahun ini.

"Pada penyaluran kredit di tahun lalu itu sekitar Rp10 triliun lebih dan 66 persen penyalurannya terserap untuk sektor pangan dan pertanian. Tahun 2018 ini, kami optimistis mampu mencatat penyaluran kredit hingga Rp14 triliun," katanya.

Jos mengatakan tahun ini pihaknyua akan fokus membidik sektor pertanian, budidaya perikanan, dan perdagangan karena melihat potensi sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini sangat besar.

Dalam penyaluran itu, pihaknya akan memaksimalkan kemitraannya yang sudah terjalin saat ini di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yakni koperasi simpan pinjam (KSP).

"Kita di kawasan timur ini, hanya punya satu kantor dan daripada membangun kantor cabang, lebih baik kita maksimalkan kemitraan kami terhadap lima koperasi dan KSP ini," jelasnya.

Disebutkannya, untuk dapat meraih target tersebut pihaknya akan memperluas penyaluran kredit salah satunya dengan ikut serta dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kluster yang sedang digencarkan oleh pemerintah.

"Porsi kredit untuk sektor agribisnis sendiri telah menyentuh 66 persen dari total penyaluran kredit secara keseluruhan," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan Rabobank juga akan terus melakukan inovasi dalam menghadapi persaingan digitalisasi perbankan dan terus mengembangkan dan meningkatkan sistem internet banking maupun mobile banking, Rabobank akan segera menggaet salah satu e-Commerce nasional untuk dapat menperluas penyaluran kreditnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024