Makassar (Antaranews Sulsel) - Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Perdagangan dan Hubungan Asia dari Pemerintah Australia Barat (WA), Yang Mulia Bill Johnston MLA, akan berkunjung ke Makassar untuk mempromosikan energi baru dan terbarukan.

"Yang Mulia Menteri Johnston akan hadir sebagai pembicara utama dalam seminar Energi Terbarukan Australia-Indonesia di Makassar, nanti tanggal 26 Maret 2018," ujar Konsul Jenderal Australia untuk Indonesia Timur, Richard Mathews di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, kedatangan dari Menteri Johnston akan didampingi oleh Direktur Umum Horizon Power, Frank Tudor.

Dia menjelaskan, perusahaan Horizon Power adalah sebuah perusahaan penyedia pembangkit dan distribusi listrik terkemuka yang penuh inovasi dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan dan teknologi mikrogrid di daerah

pedesaan dan pedalaman Australia Barat.

"Jadi nanti itu, Menteri Johnston akan datang bersama rombongan dari perusahaan Horizon Power serta 30 orang lainnya yang semuanya juga akan jadi peserta," katanya.

Adapun para peserta itu juga nantinya, terdiri dari pengusaha yang bergerak pada bidang energi, prospektif investor, ahli energi terbarukan dan akademisi.

Richard menyatakan jika seminar ini juga akan menghadirkan sejumlah pembicara dan panel ahli dari Indonesia seperti Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM); Bob Saril.

Kemudian, Direktur Utama PT PLN Jawa Timur; Halim Kalla dari Kadin Indonesia; Tri Mumpuni, Direktor Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA); Andre Susanto dari Australia Indonesia Centre; dan Dr Bachtiar Nappu, Direktor Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Ketenagalistrikan Unhas Makassar.

Disebutkannya, agenda lainnya Menteri Johnston juga akan bertemu dengan beberapa pengusaha Indonesia, perusahan Australia di Makassar, alumni Australia, dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo untuk mendalami peluang bisnis di Sulawesi Selatan dan Indonesia timur.

"Kami sangat gembira bahwa Menteri Bill Johnston akan berkunjung ke Makassar. Beliau akan memberi pidato tentang kapasitas Western Australia untuk menyumbang kepada sektor energiterbarukan di Indonesia timur ini. Permintaan listrik meningkat pesat di Indonesia timur, khususunya yang berkelanjutan seperti tenaga surya, tenaga bayu dan lainnya," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024