Makassar, 24/3 (Antara) - Pelaksana tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal atau yang akrab disapa Deng Ical memberikan apresiasi kepada Institut Ibu Profesional (IIP) Sulawesi yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar donor darah.

"Kita memberikan apresiasi kepada para ibu-ibu profesional yang tergabung di IIP ini karena sudah bersedia mendonorkan darahnya dan mengajak warga lainnya untuk ikut berdonor," ujar Syamsu Rizal di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, semakin meningkatnya kebutuhan darah bagi pasien rumah sakit di Makassar yang tidak diimbangi oleh jumlah pendonor menjadi salah satu tugas berat bagi PMI Makassar.

Oleh karena itu, ia sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada siapa saja yang ingin berbagi darah dengan cara berdonor untuk keselamatan warga khususnya pasien rumah sakit.

"Masih banyak hal kekurangan-kekurangan, akan tetapi kekurangan itu akan bisa teratasi jika semua pihak mau bersatu. Kami di PMI juga terus berbenah dan meningkatkan pelayanan agar kebutuhan darah selalu terpenuhi," katanya.

Syamsu Rizal yang juga Ketua PMI Makassar itu menyatakan, donor darah sangat baik bagi tubuh karena mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh.

Menurut dia, manfaat utama dalam mendonor darah itu bukan hanya bermanfaat terhadap orang lain tetapi juga untuk diri sendiri.

Bukan cuma itu, ia mengaku jika rutin mendonorkan darah akan mampu memberikan dampak pada kesehatan pendonornya yang salah satunya adalah dengan membuat awet muda.

"Jika ingin awet muda, maka rajinlah mendonorkan darah anda karena dengan mengikuti siklus tiga bulanan itu maka akan menghasilkan darah baru," katanya.

Daeng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal menyebutkan dengan mendonorkan darah memberikan manfaat bagi pendonor seperti menurunkan berat badan, mencegah stroke, memperbaharui sel darah, menurunkan kolesterol dan melindungi jantung.

"Terima kasih IIP Sulawesi, meski kegiatan ini terlihat sederhana tapi memiliki nilai kemanusian yang sangat tinggi. Dengan adanya donor darah ini sangat membantu PMI dan masyarakat yang membutuhkannya," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024