Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 40 industri kecil menengah (IKM) binaan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Makassar akan membantu para mahasiswa untuk menjadi pengusaha.

"Kami sudah mendapat kepastian dari mereka dan para pengusaha IKM ini, tentunya ini menjadi hal yang sangat baik untuk mahasiswa kita yang memang serius mau jadi pengusaha," ujar Dekan FTI UMI Ir H Zakir Sabara, di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, 40 industri binaan Apindo ini akan siap memberikan ilmunya kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI), baik sebelum produksi hingga pada pemasarannya.

Zakir mengaku salah satu wadah untuk memuwudkan hal itu antara lian melalui kegiatan "FTI UMI-APINDO Business Summit 2018" dengan target terukur, tidak seperti dengan kegiatan-kegiatan pengembangan UKM yang dilakukan oleh kabupaten dan kota yang tidak jelas keluarannya.

"Yang jelas kegiatan ini tidak seperti dengan kegiatan-kegiatan kabupaten dan kota yang tidak jelas `output`-nya. Kita lebih terarah dan hasilnya jelas serta pendampingannya," katanya.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang dididiknya sudah banyak yang aktif berwirausaha dan itu merupakan hal positif yang perlu terus dikembangkan.

Zakir mengaku jika tidak sedikit dari mahasiswa memang rutin berdiskusi dengan dirinya tentang bisnis mereka yang terdiri dari berbagai jenis khususnya industri kreatif.

Bahkan, kata dia, sebelum pemilihan dekan, dirinya memang sejak awal sudah berkomitmen untuk bagaimana mencetak lulusan bukan lagi sebagai pekerja tapi juga pemberi kerja.

"Sudah banyak ide dan inovasi yang masuk ke ruangan saya, saya tinggal cek sarana prasarana kedepan dan memastikan kapan bisa dilakukan (praktek)," ujarnya.

Dia juga sejak awal sudah mendorong mahasiswa pertambangan untuk menjadi seorang enterpreneur atau wirausahawan. Jika hanya fokus meneliti maka akan sulit untuk bisa mengejar apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh mahasiswa dari luar negeri.

"Jika kita hanya fokus untuk penelitian dan sebagainya, tentu kita akan sulit mengejar karena sudah tertinggal begitu jauh dari bangsa lain. Untuk itu saya memiiki harapan untuk melahirkan sarjana teknik yang mempunyai kemampuan berwirausaha," terangnya.

FTI UMI-APINDO Business Summit 2018 ini akan mengangkat tema "Saatnya Jadi Pengusaha", Rabu-Kamis, 18-19 April 2018 di Pelataran FTI UMI, di Kampus II UMI Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024