Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meresmikan penggunaan Masjid Agung Syekh Yusuf, Gowa, usai direnovasi.

"Saya kagum dengan pembangunan Masjid Agung Syekh Yusuf ini," kata Syahrul saat meresmikan masjid tersebut di Gowa, Jumat.

Syahrul mengatakan orang Gowa itu bagus wilayahnya, bagus agamanya, bagus adatnya dan bagus kekeluargaanya.

"Ini dapat dicerminkan dari megahnya pembangunan masjid ini yang dibangun dengan kebersamaan," seru Syahrul di hadapan ribuan jamaah shalat Jumat.

Syahrul juga menambahkan di dalam sambutannya bahwa, masyarakat Bugis-Makassar terkhusus masyarakat Gowa memiliki filosofi kehidupan "Appa Sulapa."

"Hal ini tercermin dari ornamen-ornamen yang ada di dalam masjid dan kubahnya berbentuk belah ketupat yang menghadap ke atas seperti orang berdoa," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Gowa Adnan beserta seluruh pihak atas partisipasinya baik itu secara moril maupun material.

"Saya percaya bahwa di masjid ini masih ada para wali dan syiar Islam masih selalu ditegakkan. Diakhir masa jabatan saya sebagai Gubernur saya menitip pembangunan Sulawesi Selatan kepada kita semua dan terkhusus pembangunan yang ada di Gowa," tuturnya.

Ia juga merencanakan pada 9 April mendatang, usai serah terima jabatan (sertijab) akan shalat di masjid ini, sebagai mana ketika dulu akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur salat di masjid ini.

Sementara Bupati Gowa Adnan menuturkan, Masjid Agung Syekh Yusuf yang pembangunannya kurang lebih Dua tahun ini, menelan anggaran Rp25 miliar. Dengan rincian, Rp3 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Gowa, sedang Rp22 miliar bersumber dari partisipasi berbagai pihak baik dari pengusaha-pengusaha maupun dari pihak perbankan, serta dari sumbangsih masyarakat Gowa.

"Saya selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari berbagai pihak atas partisipasinya dalam pembangunan masjid ini," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024