Makassar (Antaranews Sulsel) - Tim tamu Persela Lamongan akhirnya mampu merebut tiga poin sekaligus mempermalukan tuan rumah PSM dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat malam.

Tiga gol dari Persela Lamongan yang mampu menghentikan ambisi tim "Juku Eja" meneruskan tren positifnya di Liga 1 itu masing-masing dipersembahkan Loris Arnaud (menit ke-7), serta Shohei Matsunaga masing-masing pada menit ke-26 dan 58.

Adapun dua gol yang tidak mampu menghindarkan tuan rumah PSM Makassar dari kekalahan dihadapan pendukung fanatiknya itu masing-masing melalui gol Marc Anthony Klok (menit 45) serta Zulham Zamrun ketika pertandingan memasuki menit ke-76 babak kedua.

Untuk jalannya pertandingan, ambisi PSM untuk menjadi tim pertama yang mampu menyapu bersih tiga laga awal membuat PSM cukup percaya diri membuka pertandingan dengan permainan terbuka.

Namun upaya untuk menciptakan gol cepat dan selanjutnya bermain lebih santai, ternyata tidak terwujud. Hal itu dikarenakan permainan tim asuhan Aji Santoso yang justru terlihat mampu mengantisipasi dan memberikan reaksi yang positif dalam meredam agresifitas PSM.

Bahkan tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu justru mampu unggul lebih dulu melalui Loris Arnaud. Mantan pemain PSG itu mampu mencatatkan namanya di papan skor ketika pertandingan baru berjalan 7 menit.

Tertinggal gol cepat dari tamunya semakin membuat PSM terus berupaya mencetak gol penyeimbang dan memulihkan keadaan. Namun upaya itu gagal dan justru kembali kebobolan gol kedua yang kali ini diciptakan Shohei Matsunaga di menit ke-26.

Adapun PSM akhirya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada penghujung babak pertama melalui gol Marc Anthony Klok.

Memasuki babak kedua, Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts merubah strategi dengan memasukkan Ferdinand Sinaga yang menggantikan Guy Junior yang dianggap kesulitan menembus pertahanan Persela Lamongan.

Masuknya Ferdinand Sinaga diikuti pola permainan yang semakin agresif dan terbuka dari tuan rumah PSM.

Namun Persela yang mulai memilih meladeni dengan serangan baik justru kembali mampu memperlebar jarak. Gol kedua Shohei Matsunaga pada menit ke 58 ini juga tidak lepas dari kesalahan antisipasi penjaga gawang Rivky Mokodompit

Gol pemain asal Jepang itu berawal dari sebuah skema serangan balik yang dimulai dari Loris Arnaud yang kemudian harus dilanggar pemain PSM demi menghentikan ancaman dari pemain tersebut.

Shohei Matsunaga yang mengambil tendangan bebas ternyata salah diantisipasi oleh Rivky Mokodompit yang mencoba menahan bola dengan kaki namun justru membuat bola itu masuk ke gawang sekaligus mengubah skor menjadi 1-3.

PSM akhinya mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 melalui Zulham Zamrun pada menit ke-76 meski menjadi gol terakhir yang tidak mampu menolong PSM dari kekalahan pertamanya di kandang dan Liga 1 musim ini.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024