Makassar (Antaranews Sulsel) - Perwakilan PT OS Selnajaya Indonesia Ani Rahayu mengatakan rata-rata gaji bagi perawat lansia (caregiver) di Jepang mencapai minimal Rp11 juta per bulan.

Ani Rahayu di Makassar, Kamis, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan rumah sakit di Jepang membuka kesempatan bagi para alumni lulusan DIII/S1/Ns Keperawatan untuk dapat bekerja sebagai perawat caregiver (perawat lansia) di Jepang.

"Besaran gaji itu belum termasuk biaya lembur dan shift. Jadi kita harapkan para alumni keperawatan untuk segera mendaftarkan dirinya ke perusahaan kami," katanya.

Gaji bersih (Gaji NETT) sebagai perawat caregiver di Jepang minimal 100.000 yen atau sekitar Rp11.000.000/bulan. Setelah peserta ditetapkan bekerja di Jepang, PT OS Selnajaya tidak akan melakukan pemotongan gaji.

PT OS Selnajaya Indonesia sendiri adalah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang Konsultan Bisnis dan Manajemen serta Jasa Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja.

Gaji yang diterima perawat di Jepang itu sudah dipotong dengan biaya apartemen, asuransi kesehatan, pajak, dan dana pension. Gaji ini akan disesuaikan dengan UMR di setiap daerah masing-masing di Jepang.

Sebelum dikirim ke Jepang, kata dia, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan atau dilewati bagi para perawat yakni tahap pertama yakni peserta akan mengikuti interview dengan user Rumah Sakit dari Jepang dan kesempatan interview dengan RS tidak hanya sekali.

Misalnya, apabila peserta tidak lolos interview dengan RS A, kemudian peserta akan diikutsertakan kembali di interview dengan RS B. (Jadi kesempatan mengikuti interviewnya tidak hanya sekali saja).

Dan peserta akan diikutsertakan untuk mengikuti tes kemampuan Bahasa Jepang level N4 (Basic Level). Setelah dinyatakan lulus interview oleh user, dilanjutkan dengan pelatihan fase kedua.

Selanjutnya kedua peserta akan mengikuti Medical Check Up di RS rekanan kami di Indonesia. Setelah dinyatakan sehat, peserta akan berangkat ke Jepang dan bekerja di rumah sakit dengan visa magang dan lama tinggal di Jepang antara 3 hingga 5 tahun.

Peserta juga harus melewat tiga syarat bisa berangkat ke Jepang yaitu dinyatakan lulus interview oleh User RS dari Jepang, lulus tes medical check up, lulus tes kemampuan Bahasa Jepang Level N4 (Basic Level). Mengenai tes kemampuan Bahasa Jepang dapat dilihat di link : http://www.jlpt.jp/e/about/levelsummary.html.

Jadi, bagi calon perawat/lulusan perawat yang tertarik, bisa segera mendaftarkan dirinya melalui Ani (085770805086) atau ani.rahayu@os-selnajaya.com.

Saat ini, PT OS Selnjaya sedang melangsungkan proses perekrutan Perawat Caregiver angkatan ke-VI.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024