Makassar (Antaranews Sulsel) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Baru bersiap menggelar kejuaraan daerah kelompok umur (KU) 14 tahun di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, 28 April hingga 5 Mei 2018.

Sekretaris Umum Perbasi Sulsel Muhammad Taufik di Makassar, Selasa, menyatakan mendukung kegiatan ini dikarenakan semakin membuat pembinaan atlet khususnya usia muda lebih bergairah kedepan.

"Pengcab Perbasi Barru memang sejak awal begitu berkomitmen dalam peningkatan pembinaan dan prestasi cabang bola basket. Tnetu kita apresiasi," katanya.

Untuk kejuaraan daerah tersebut, kata dia, akan diikuti sejumlah kabupaten kota seperti Makassar, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sinjai, Parepare dan tentu saja Kabupaten Barru yang tampil sebagai tuan rumah.

Pihak penyelenggara juga masih membuka pendaftaran untuk peserta dari daerah lain yang bisa ambil bagian dan membuat pertandingan berjalan lebih sengit dan seru.

Ia menjelaskan, untuk beberapa daerah yang belum mendaftar memang patut dimaklumi kondisinya. Sebab Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beberapa daerah tentu memiliki keterbatasan anggaran untuk membantu keikutsertan tim daerahnya di ajang tersebut.

Apalagi KONI juga akan lebih fokus untuk mempersiapkan anggaran menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI di Kabupaten Pinrang, September 2018.

Namun demikian pihaknya begitu berharap agar semakin banyak tim yang ambil bagian dalam kejuaraan ini. Apalagi ini merupakan wadah yang tepat untuk para atlet muda menunjukkan hasil latihannya selama ini.

"Kita berharap daerah lain juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan pengalaman bagi atletnya berlaga di ajang resmi," ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, dirinya meminta agar seluruh daerah terus fokus melakukan pembinaan atlet secara berjenjang. Ini juga sebagai upaya untuk mendapatkan atlet yang mampu memperkuat Sulsel di kejuaraan nasional kedepan.

"Untuk pembinaan atlet juga baik khususnya di Barru. Kami juga mendorong daerah lain untuk lebih meningkatkan keseriusannya dalam pembinaan," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024