Makassar (Antaranews Sulsel) - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan Rp3,9 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di Sulsel menjelang Ramadhan 2018.

"Sudah dihitung kemarin (kebutuhan uang kartal), sudah keluar angkanya, kita siapkan sekitar Rp3,9 triliun," kata Kepala Perwakilan BI Sulsel Bambang Kusmiarso yang ditemui di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan terkait dengan masalah pengedaran uang, sesuai dengan polanya, menjelang Ramadhan dan Idul Fitri selalu ada peningkatan kebutuhan uang kartal.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama perbankan di Sulsel telah melakukan antisipasi sejak awal dengan menghitung perkiraan kebutuhan uang pada momentum tersebut.

"Jadi kami jamin nanti uang ada dalam jumlah yang cukup, waktu yang sesuai, dan dalam kondisi yang layak edar," tegasnya.

Bambang mengatakan pihaknya juga sudah siap mengantisipasi jika ada peningkatan kebutuhan uang kartal yang mendesak di luar perkiraan BI. BI Sulsel, kata dia, bisa langsung menghubungi kantor pusat agar uang kartal bisa segera dikirim.

Ia mengimbau agar masyarakat yang ada di Sulawesi Selatan tidak perlu merasa khawatir terkait ketersediaan uang kartal karena pihaknya menjamin pemenuhan kebutuhan uang kartal tersebut.

"Kita akan upayakan dengan sekuat tenaga untuk pemenuhan itu," pungkas Bambang.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024