Makassar (Antaranews Sulsel) - Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sulawesi Selatan mengatakan Kabupaten Selayar menyimpan banyak pesona destinasi yang layak dieksplor bagi wisatawan lokal, domestik hingga internasional.

Ketua DPD Asita Sulsel, Didi Leonardo Manaba di Makassar, Senin, mengatakan sebagai daerah kepulauan tentu yang paling utama dan tidak bisa lepas yakni wisata baharinya dengan berbagai pantai yang mengelilingi.

"Untuk wisata bahari tentunya banyak di Kepulauan Selayar. Namun bukan hanya itu, Selayar juga masih memiliki sejumlah destinasi yang bisa dibuatkan paket khusus," ujarnya.

??? Untuk pantai sendiri memang Selayar punya cukup banyak seperti diantaranya Pantai Pinang, Pantai Batu Kerapu dan beberapa yang lain.

Sementara di luar dari wisata bahari yang juga layak dieksplor ke wisatawan yakni keberadaan bangunan-bangunan tua dan berbagai koleksi sejarah seperti Museum Tanadoang, miniatur rumah adat, Gong Nekara, Jangkar Selayar, mata uang, pakaian adat, ataupun senjata kerajaan.

Selanjutnya adapula Puncak Pusera terletak di Dusun Taipapada, Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai, Kepulauan Selayar. Dari puncak inilah, wisatawan bisa melihat Selayar secara luas.

????Dan yang lebih dulu sudah menjadi primadona di daerah itu tentu saja keberadaan Taman Nasional Takabonerate yang menyediakan spot-spot penyelaman.

????"Jadi banyak destnasi yang layak kita kunjungi di Kepulauan Selayar. Kami dari Asita Sulsel tentunya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk bagaimana bisa mambawa wisatawan ke Selayar," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga semakin bergairah dengan pembukaan akses ke Selayar melalui jalur penerbangan tentu semakin meningkatkan potensi pariwisata di daerah itu.

Ia menjelaskan, dengan pembukaan rute Makassar-Selayar atau sebaliknya ini, maka masyarakat yang ingin mengakses destinasi di daerah itu akan lebih terbantu dan mudah.

Terkait tingkat kunjungan wisatawan ke pusat destinasi, kata dia, tentunya tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan sarana dan prasarana. Artinya meski daerah itu memiliki sejuta pesona, namun jika susah menjangkaunya tentu tidak akan berkembang maksimal.

Apalagi Pemkab Selayar juga rencananya sudah siap memperluas bandara yang tentunya semakin membuktikan bagaimana keseriusan pamerintah untuk menjadikan Selayar sebagai salah satu kunjungan wisatawan terbaik di Indonesia.

? "Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Selayar. Kami lihat ini merupakan terobosan dan kami juga siap memberikan kontribusi dengan membuat paket khusus di Selayar," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024