Mamuju (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar menerima penghargaan Adhikarya Dharma Nusa Awards 2018 dengan predikat wanita pempimpin terbaik 2017-2018 yang profesional, bersih dan merakyat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden Citra Karya Abadi Pembangunan Indonesia Tri Prestasi Indonesia Willy Kojo di Ruang Kerja Wagub Sulbar di Mamuju, Senin.

Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggareni Anwar saat menerima penghargaan itu mengaku terkejut karena tidak pernah diberitahukan sebelumnya.

Ia mengatakan kinerja sebagai pemimpin dinilai oleh banyak orang, sehingga harus memberikan banyak manfaat pada orang banyak.

"Hari ini saya bahagia, tapi tentunya penghargaan ini juga memberikan beban yang berat bagi saya. Apa yang diberikan kepada saya harus saya pertanggungjawabkan," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, dirinya akan lebih meningkatkan lagi tugas dan kewajiban sebagai wakil gubernur daerah itu untuk menjaga penghargaan ini," kata Enny.

Sementara Presiden Citra Karya Abadi Pembangunan Indonesia Tri Prestasi Indonesia Willy Kojo menyampaikan sebagai lembaga yang independen yang sudah berdiri hampir 17 tahun, pihaknya mengangkat tokoh-tokoh dari berbagai latar belakang profesi yang telah mengabdikan diri, tugas dan karya untuk negara khususnya tokoh yang berdomisili jauh di luar Jakarta.

"Tahun ini kami menyerahkan penghargaan pada dua tokoh terbaik di Sulbar, yaitu Wakil Bupati Mamuju dan Wakil Gubernur Sulbar. Sesuai dengan visi misi kami, yaitu mengangkat putra-putri terbaik Indonesia yang telah memberikan pengabdian pada daerahnya," ujarnya.

Ia berharap tokoh yang mendapatkan penghargaan ini bisa menjadi contoh teladan bagi lainnya untuk melakukan yang sama.

Ia juga menyampaikan beberapa indikator penilaian figur Wakil Gubernur Sulbar dalam tugasnya, yaitu selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat terutama yang lebih membutuhkan seperti kesehatan dan pendidikan.

Kedua, lanjutnya, dalam hal pengawasan keuangan daerah yang selalu sangat transparan dan bertanggung jawab, dan ketiga adalah kedekatan dengan masyarakat dan selalu mempunyai pendekatan yang baik pada masyarakat terutama yang berada di pelosok.

"Itulah prioritas ibu Wakil Gubernur sesuai hasil survei yang kami lakukan pada tahun 2017 dan di awal tahun 2018. Poin-poin itu jugalah yang membuat beliau mendapatkan penghargaan ini," tuturnya.

Willy menambahkan Wagub Anggraeni juga sangat memberikan perhatian pada kualitas sumber daya manusia, sehingga ia berharap tokoh yang telah mendapatkan penghargaan ini dapat memotivasi para generasi muda untuk mengabdi pada daerah dan menjadi teladan nyata.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024