Menlu Korsel, Jepang, China akan gelar pertemuan

id Pertemuan menteri luar negeri,Korea Selatan,China,Jepang

Menlu Korsel, Jepang, China akan gelar pertemuan

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha (kanan) bertemu dengan Menlu Jepang Taro Kono saat pertemuan Menteri Luar Negeri Negara ASEAN di Bangkok, Thailand, Kamis (1/7/2019). (REUTERS/KYODO)

Seoul (ANTARA) - Sejumlah diplomat tinggi Korea Selatan dan Jepang berencana menemui mitra China mereka di Beijing pekan depan, kata Kementerian Luar Negeri Seoul, Jumat.

Rencana pertemuan itu diungkapkan di tengah gejolak masalah yang berkaitan dengan sejarah dan perdagangan.

Menteri Luar Negeri dari ketiga negara itu, Kang Kyung-wha (Korsel), Taro Kono (Jepang) serta Wang Yi (China), akan bertemu pada Selasa hingga Kamis, kata kementerian. Pertemuan seperti itu terakhir digelar tiga tahun lalu.

Menteri Kang dan Kono juga diperkirakan akan bertemu secara terpisah di sela-sela pertemuan tersebut.  Pertemuan itu menjadi yang pertama sejak Presiden Korsel Moon Jae-in pada Kamis mendesak dialog untuk memperbaiki hubungan. Kementerian menyebutkan pembicaraan dua arah tersebut belum selesai.
 
Presiden China Xi Jinping disambut oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat penyelenggaraan KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). (REUTERS/KEVIN LAMARQUE)

Hubungan antartetangga itu bisa dikatakan mencapai titik terendah sejak hubungan mereka dipulihkan pada 1965. Hubungan mereka diguncang oleh masalah kerja paksa warga Korsel selama Perang Dunia II, yang merembet pada sengketa dagang.

Dalam pidato peringatan kemerdekaan Korea dari kekuasaan Jepang 1910-1945, Moon mengurangi retorikanya mengenai Jepang, dengan mengatakan Seoul akan "dengan senang hati bergandengan tangan" jika Tokyo memilih dialog dan kerja sama.

Sumber: Reuters

Baca juga: Surat kabar: PM Jepang katakan hubungan dengan China di "jalan normal"

Baca juga: Jepang desak China tahan nuklir Korea Utara

Baca juga: Jepang ingin gelar pertemuan puncak dengan China dan Korsel

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar