Kapal Hotel Garden UMM gratiskan pendonor darah masuk TR Sengkaling

id donor darah, kapal hotel garden UMM, TR sengkaling

Kapal Hotel Garden UMM gratiskan pendonor darah masuk TR Sengkaling

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan majamen Kapal Hotel Garden dan TR Sengkaling. Kegiatan yang dikerjasamakan dengan PMI Kabupaten Malang itu menghasilkan 64 kantong darah. (istimewa)

Malang (ANTARA) - Kapal Hotel Garden milik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggratiskan tiket masuk ke area Taman Rekreasi (TR) Sengkaling bagi warga yang telah mendonorkan darahnya dalam peringatan HUT ke-74 RI yang digelar manajemen hotel tersebut.

"Sebagai salah satu unit bisnis UMM, kami ingin memberikan 'kado' bagi masyarakat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dengan berkegiatan sosial, yakni menggelar donor darah," kata ketua pelaksana kegiatan donor Mashuri di sela kegiatan donor darah di kawasan TR Sengkaling, Minggu (18/8).

Ia mengatakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang itu berhasil mengumpulkan 64 kantong darah "sehat". "Sebenarnya ada 85 orang calon pendonor, namun karena berbagai alasan yang bisa mendonorkan darahnya hanya 64 orang," ucapnya.

Mereka yang bisa mendonorkan darahnya adalah mereka yang memenuhi syarat-syarat (kriteria) kesehatan, di antaranya adalah tidak ada riwayat penyakit kronis, benar-benar sehat, tidak pernah opname, tidak ada alergi, tidak minum obat (antibiotik), untuk wanita tidak sedang menyusui atau menstruasi, HB minimal 12,0 dan maksimal 17,0, tensi bawah 100/60 atas 160/100.

Baca juga: UTD RSUD Solok Selatan kesulitan penuhi kebutuhan darah

Ismah, salah satu pendonor memberikan harapan positif kepada aksi ini. Terlebih dilakukan di hari spesial, yakni HUT ke-74 Kemerdekaan RI. "Semoga saya pribadi dan penyelenggara dapat banyak memberikan kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan dan mendapatkan barakah dari Allah SWT," ungkapnya.

Sementara itu, masyarakat sekitar TR Sengkaling di Kecamatan Dau atau wisatawan yang kebetulan berkunjung juga disuguhi deretan bazar, baik kuliner maupun non-kuliner, mulai dari makanan, baju khas Malang, dan kerajinan yang bisa dibawa sebagai cinderamata.

"Aksi ini bagian dari penegasan komitmen kami, dari Muhammadiyah untuk bangsa," katanya.

Mashuri mengakui kegiatan donor darah di hari yang spesial itu juga bertujuan untuk memperkenalkan Kapal Garden Hotel ke semua segmen sekaligus berperan serta dalam kegiatan sosial. "Bagi warga sekitar yang mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini kami apresiasi dengan pemberian tiket masuk gratis ke TR Sengkaling serta doorprize bagi pengunjung TR Sengkaling maupun Kapal Hotel Garden," tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa ITTP kembangkan aplikasi informasi donor darah
Baca juga: PMI Medan surplus ribuan kantong darah setiap bulan

 

Pewarta : Endang Sukarelawati
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar