Paus Fransiskus pilih Mgr Ignatius Suharyo jadi kardinal

id Ignatius Suharyo,Kardinal,Paus Fransiskus

Paus Fransiskus pilih Mgr Ignatius Suharyo jadi kardinal

Mgr. Ignatius Suharyo. ANTARA/HO-Keuskupan Agung Jakarta/aa.

Jakarta (ANTARA) - Paus Fransiskus mengumumkan Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo menjadi satu dari 13 kardinal baru di Vatikan pada Minggu (1/9) pukul 12.00 waktu setempat.

 

Mgr. Ignatius Suharyo juga merupakan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Uskup TNI/Polri.

 

"Puji syukur kepada Tuhan atas kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia dengan pengangkatan Mgr. Ignatius Suharyo menjadi Kardinal," kata Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Romo V Adi Prasojo dalam keterangan pers yang diterima Antara, Jakarta, Minggu.

 

Ignatius Suharyo beserta 12 orang lainnya akan dilantik menjadi Kardinal dalam Consistorium atau Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober 2019 di Vatikan.

 

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo dipercaya mengemban tugas perutusan baru sebagai Kardinal dengan sebaik-baiknya.

 

Uskup Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga yang pernah dimiliki Indonesia setelah Justinus Darmojuwono dan Julius Darmaatmadja.

 

Mgr. Ignatius Suharyo lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 9 Julo 1950. Mgr. Ignatius menjadi Uskup Agung Jakarta sejak 29 Juni 2010, yang menggantikan Kardinal Julius Darmaatmadja.

 

Sebelum menjadi Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo menduduki posisi sebagai Uskup Agung Koajutor Jakarta. Dia juga pernah menjabat sebagai Uskup Agung Semarang.

 

***3***


Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar