Puan Maharani sebut perlu penguatan pengembangan SDM

id Puan Maharani,pengembangan sdm,pemberdayaan sdm,sdm indonesia

Puan Maharani sebut perlu penguatan pengembangan SDM

Menko PMK Puan Maharani. ANTARA/HO-Kementerian Koordinator PMK

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan perlu ada penguatan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), dengan meningkatkan kompetensi dan keahlian.

"Pengembangan sumber daya manusia Indonesia diperkuat dengan meningkatkan kompetensi dan keahliannya melalui program pemberdayaan, agar masyarakat memiliki kapasitas dan produktivitas dalam membangun perekonomian rumah tangga, kelompok, atau masyarakat," ucap Puan, di Jakarta, Kamis.

Puan mengatakan saat ini Pemerintah telah menjalankan sejumlah upaya pengembangan SDM yang terampil dan ahli, di antaranya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi serta memberikan beasiswa pendidikan ke luar negeri.

Juga baca: Puan: Membangun kemajuan Indonesia harus dilandasi kebudayaan

Juga baca: Puan Maharani: Pancasila dan keislaman seperti dipertentangkan

Juga baca: Puan: Kenaikan iuran BPJS tinggal tunggu Perpres

Namun kata dia, masih diperlukan upaya lanjutan untuk memperkuat pengembangan SDM ke depan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah penguatan link and match antara industri dan lembaga pendidikan.

Kemudian, lanjut dia, perlu juga penyesuaian program studi di perguruan tinggi, serta penguatan inovasi teknologi bagi industri.

Selain itu kebijakan untuk memperkuat tingkat kandungan dalam negeri bagi setiap proyek nasional, proyek BUMN dan industri nasional juga harus ditingkatkan. "Serta mendorong pemanfaatan IPTEK dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang," kata Puan.

 

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar