PMI Cianjur ajak masyarakat kurangi penggunaan plastik

id Palang Merah Indonesia ,PMI Kabupaten Cianjur ,Sampah Plastik ,Limbah Plastik

PMI Cianjur ajak masyarakat kurangi penggunaan plastik

Sejumlah relawan PMI Cianjur, Jawa Barat saat memunguti sampah plastik yang dibuang sembarangan di jalan. (Foto: PMI Kabupaten Cianjur)

Cianjur, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari baik berbelanja ataupun aktivitas lainnya karena bisa mencemari lingkungan.

"Kami terus berupaya mengkampanyekan gerakan mengurangi penggunaan plastik, sebab jika tidak dilakukan secara masif maka kita tidak bisa lepas dari ketergantungan menggunakan plastik," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur Herry Hidayat di Cianjur, Selasa.

Menurutnya, penggunaan plastik ini bisa berdampak buruk tidak hanya bagi lingkungan, tapi juga kesejahatan. Maka dari itu, secara rutin pihaknya memberikan imbauan dan edukasi khususnya kepada anak usia dini agar tidak terbiasa menggunakan plastik.

Namun, harus diakui untuk terlepas dari ketergantungan tersebut memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebab, mayoritas warga belum sadar akan dampak jika terus menggunakan plastik.

Baca juga: PMI Cianjur tempa 25 KSR tentang spesialisasi pertolongan pertama

Apalagi saat ini hampir seluruh sungai yang ada di Cianjur terdampak sampah plastik yang disebabkan seperti masih adanya oknum yang terbiasa membuang sampah ke sungai maupun lainnya.

"Plastik sulit diurai oleh tanah dan membutuhkan puluhan tahun agar bisa terurai. Sehingga, harus dimulai dari sendiri agar tidak terbiasa menggunakan plastik minimalnya mengurangi penggunaannya," tambahnya.

Herry mengatakan ada beberapa cara untuk mengurangi limbah plastik seperti mendaur ulang. Dengan cara seperti ini selain mengurangi pencemaran juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Pihaknya juga mengapresiasi warga yang sudah mulai sadar untuk mengurangi penggunaan plastik dan mendaur ulang sampahnya. Serta diharapkan aktivitas perbelanjaan baik di pasar tradisional, minimarkerta, supermaket dan pasar modern lainnya agar dalam mengemas barang tidak lagi menggunakan plastik tetapi bisa menggunakan pembungkus yang tidak sekali pakai.

Baca juga: PMI Cianjur terima donasi ambulans dari pelanggan Indomaret
Baca juga: PMI siagakan relawan terlatih di Jalur mudik
Baca juga: PMI minta tambahan stok darah ke Bandung

 

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar