Paus Fransiskus akan kunjungi Thailand, Jepang pada November

id Paus Fransiskus,Kunjungan Asia,Thailand,Jepang

Paus Fransiskus akan kunjungi Thailand, Jepang pada November

Pemimpin Katolik Dunia Paus Fransiskus melakukan pengasapan dupa saat memimpin Misa pada Kamis Putih di Basilika Santo Petrus di Vatikan, (18/4/2019). Antara/REUTER/Remo Casilli/aa

Bangkok (ANTARA) - Paus Fransiskus akan mengunjungi Asia pada November dan akan menjadi paus pertama dalam hampir empat dekade yang melakukan perjalanan ke Thailand dan Jepang, menurut sumber Vatikan.

Paus akan melakukan lawatan ke Thailand pada 20-23 November kemudian dilanjutkan ke Jepang mulai 23-26 November.

Baca juga: Paus Fransiskus pilih Mgr Ignatius Suharyo jadi kardinal

Perjalanan Paus ke Jepang akan mengantarkannya ke Tokyo serta dua kota yang dihantam bom atom pada akhir Perang Dunia II - Hiroshima dan Nagasaki, demikian Menteri Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga pada Jumat.

Kunjungannya akan menjadi perjalanan kepausan pertama ke Jepang sejak 1981.

Persinggahannya di Thailand akan bertepatan dengan hari jadi ke-350 tahun berdirinya "Mission de Siam" oleh Paus Klements IX untuk mengawasi misi di Siam, nama terdahulu Thailand. Mendiang Paus John Paul mengunjungi Thailand pada 1984.

Baca juga: Paus Fransiskus seru komitmen global atasi kebakaran Amazon

Umat Katolik merupakan minoritas kecil di Thailand, yang mayoritas beragama Budha, yang jumlahnya kurang dari 2 persen dari populasi.

Uskup Agung Bangkok, Fransiskus Xavier Kriengsak Kovitvanit mengatakan rencana perjalanan paus secara keseluruhan akan diumumkan nanti.

Baca juga: Paus di Madagaskar: Penggundulan hutan harus dipandang sebagai ancaman

Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar