Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sulbar Tiba Di Makassar

id Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sulbar Tiba Di Makassar

Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sulbar Tiba Di Makassar

Makassar (ANTARA) - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 39 yang merupakan kloter terakhir asal Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tiba dengan selamat di Debarkasi Hasanuddin Makassar setelah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah, Arab Saudi, Sabtu.

"Untuk kloter terakhir asal Sulbar ini sudah tiba di asrama haji Sudiang Makassar dan usai penerimaan kemudian diberangkatkan kembali ke kampung halamannya masing-masing," ujar Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Hasanuddin Makassar, Solihin di Makassar, Minggu.

Berdasarkan data penumpang yang diterima dari Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jemaah haji kloter 39 ini yang pulang ke 448 orang.

Dia mengemukakan jumlah jemaah calon haji saat pemberangkatan ke tanah suci sebanyak 452 orang, namun yang kembali hanya 448 orang saja.

Kekurangan sebanyak empat orang itu dikarenakan satu diantaranya meninggal dunia yakni Muhammad Syarif Baco serta tiga orang lainnya Tanazul keluar atau pindah ke kloter lainnya termasuk Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

Pada saat penerimaan jemaah haji ini sejumlah pejabat dari Provinsi Sulbar termasuk pejabat dari Kementerian Agama Sulbar juga turut hadir menjemput kloter terakhi tersebut.

"Tiga orang yang Tanazul keluar itu sudah lebih dulu tiba di tanah air dan yang sekarang ini hanya sisa dari rombongan," katanya.

Pada kloter 39 ini juga dinobatkan sebagai kloter terbaik di maktab syisyah Mekkah karena semua jemaah hajinya dinilai yang terbaik karena kedisiplinannya, keramahan dan taatnya terhadap peraturan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar