KPAI: Kenalkan nilai-nilai toleransi sejak usia dini

id logo KPAI

KPAI: Kenalkan nilai-nilai toleransi sejak usia dini

Logo KPAI (Antara Sumut/int) (Antara Sumut/int/)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan anak perlu dikenalkan dengan nilai-nilai toleransi, peka sosial, gotong royong, kasih sayang, dan kebersamaan sejak masih usia dini.

"Tidak hanya diperkenalkan, tetapi perlu ditanamkan melalui pembiasaan-pembiasan dari hal-hal yang sederhana mulai dari rumah hingga sekolah pendidikan usia dini," kata Susanto di Jakarta, Rabu.

Susanto menambahkan salah satu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai sosial, kasih sayang, dan kebersamaan adalah saat anak bermain dengan teman atau saudaranya.

Baca juga: Presiden Jokowi diminta tegas tegakkan toleransi antar-umat beragama

Anak perlu diajarkan untuk berbagi dan berganti mainan dengan saudara atau temannya, menghargai pendapat saudara atau teman yang berbeda saat bermain, dan lain-lain.

"Begitu pula dari segi beribadah dan beragama. Anak perlu diperkenalkan dan diberi pemahaman tentang keberadaan agama lain yang dianut oleh teman-temannya," tambahnya.

Baca juga: Pelajar di Jombang diajarkan kenal toleransi beragama

Menurut Susanto, anak perlu diajarkan untuk menghargai teman yang berbeda agama dan keyakinan saat bermain atau saat beribadah, misalnya menghormati teman yang berbeda agama untuk beribadah atau tidak memaksa teman yang berbeda agama untuk beribadah sesuai agama yang dianut anak tersebut.

"Tanamkan bahwa meskipun berbeda agama kita tetap satu bangsa, satu bahasa, satu negara dan bisa tetap bermain dan belajar bersama," katanya.

Baca juga: Sekolah Katolik di Muntilan selenggarakan lomba azan siswa Islam

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar