Wakapolda sebut tambahan 220 personel makin perkuat Polda Sumbar

id Polda Sumbar,sekolah polisi sumbar,rekrutmen polisi

Wakapolda sebut tambahan 220 personel makin perkuat Polda Sumbar

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto bersama Pejabat Utama Polda Sumbar dan ratusan siswa Diktukba Polda Sumbar (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Wakapolda Sumatera Barat (Sumbar) Brigjen Rudy Sumardiyanto mengatakan adanya tambahan 220 personel kepolisian yang berasal dari siswa yang telah selesai menjalankan pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi akan memperkuat Polda Sumbar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya melayani masyarakat.

"Ketika mereka dilantik menjadi polisi pada Maret 2020 nanti tentu mereka resmi bertugas sebagai polisi dan akan menambah kekuatan pasukan Polda Sumbar," kata Brigjen Rudy, di Padang, Rabu.

Ia mengatakan selepas 220 siswa ini dilantik sebagai polisi, mereka akan dimatangkan di jajaran Direktorat Samapta Polda Sumbar.
 

Mereka akan mendapatkan orientasi secara khusus di Polda Sumbar, dan setelah itu baru dilakukan penempatan sesuai fungsi yang ada.

Dia mengatakan setelah menjadi anggota Polri aktif, mereka akan disiapkan untuk terjun langsung ke lapangan dan memiliki tugas, tanggung jawab, dan kewenangan yang sama dengan anggota polisi lainnya.
Baca juga: Polri sita suap Rp4,7 miliar untuk seleksi polisi 2015-2016

Selanjutnya tinggal bagaimana komandan di satuan mereka ditempatkan mengatur tugas sesuai fungsi yang ada dan bertujuan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat Sumbar.

Menurut dia, 220 personel ini setelah dilantik diberikan waktu cuti agar mereka dapat menikmati waktu libur dan berkumpul dengan keluarga, setelah terpisah cukup lama karena menjalankan pendidikan

"Ini bentuk kebijakan Kapolda Sumbar agar ada penyegaran karena dapat bertemu keluarganya. Nanti balik ke polda dapat semangat baru," kata dia.

Kepala SPN Polda Sumbar Kombes Rifki Piliang menyebutkan pada tahun ini SPN mendidik 220 siswa yang terdiri dari petugas umum sebanyak 184 orang, 16 bintara “talentscouting”, dan 20 orang bintara khusus titipan dari Pusdik Brimob.

"Mereka telah menjalani pendidikan dan kemungkinan di bulan Mei 2020 akan dilantik menjadi personel Polri," kata dia lagi.


Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar