Sebelum kesulitan akses, WNA Jerman di Raja Ampat diimbau pulang

id Papua Barat,corona,COVID-19,Raja Ampat,HPI Raja Ampat,WNA Jerman,kembali,akses tranportasi udara

Sebelum kesulitan akses, WNA Jerman di Raja Ampat diimbau pulang

Destinasi wisata Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. (FOTO ANTARA/Ernes Kakisina)

Sorong (ANTARA) - Warga negara asing (WNA) asal Jerman yang saat ini secara khusus berada di Raja Ampat dan bahkan secara umum di wilayah Provinsi Papua Barat  diimbau agar kembali ke negara asalnya sebelum kesulitan akses tranportasi karena penerbangan ditutup terkait wabah virus COVID-19.

Informasi imbauan tersebut tersebar luas di kalangan pemandu wisata Raja Ampat dan Papua Barat pada umumnya agar memberitahu kepada warga Jerman yang masih berada di kawasan-kawasan wisata yang ada Papua Barat.

Menurut Indra, salah pemandu dari organisasi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI Raja Ampat di Sorong, Minggu mengatakan bahwa informasi iimbauan tersebut diperoleh dari Hotel Swissbell Sorong, di mana keluarga beberapa wisatawan Jerman yang masih berada di Raja Ampat mengirimkan pesan email melalui pihak hotel dua hari yang lalu agar meneruskan kepada wisatawan Jerman tersebut.

Menurut Indra bahwa informasi imbauan yang diterima dari pihak hotel tersebut telah disebarkan kepada seluruh pemandu wisata Raja Ampat, bahkan Papua Barat pada umumnya agar meneruskan kepada wisatawan asal Jerman jika bertemu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Sorong Jerry Risnandar Saktinegara yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa pihaknya belum menerima imbauan tersebut.

Namun, kata dia,  jika imbauan tersebut disampaikan oleh keluarga wisatawan berarti itu merupakan kebijakan pemerintah Jerman untuk melindungi warganya.

Menurut dia, penerbangan dari Indonesia ke beberapa negara terkena virus COVID-19 telah ditutup sebagai langkah atau upaya pemerintah mencegah penyebaran virus mematikan yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ditetapkan sebagai pandemi itu.

"Pemerintah Indonesia pun juga telah mengeluarkan imbauan kepada WNI yang berada di luar negeri agar kembali pulang sebelum kesulitan akses penerbangan kembali ke Tanah Air," demikian Jerry Risnandar Saktinegara.

Baca juga: Seorang wisatawan Hongkong di Raja Ampat diduga terinfeksi Corona

Baca juga: Pemkab Raja Ampat keluarkan edaran waspada virus corona

Baca juga: HPI Raja Ampat keluarkan edaran untuk pemandu terkait waspada COVID-19


 

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar