Setelah positif, hasil tes swab kedua pasien COVID-19 Palu negatif

id Pasigala ,Sulteng ,Palu,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Setelah positif, hasil tes swab kedua pasien COVID-19 Palu negatif

Seorang pelajar melihat informasi virus Corona dan cara pencegahannya di rumahnya di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/3/2020). Dinas Pendidikan setempat memperpanjang masa libur sekolah hingga 24 April 2020 guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA/Mohamad Hamzah/hp.

Palu (ANTARA) - Kabar baik datang dari dua pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona penyebab COVID-19 berdasarkan hasil tes swab pertama dan hasil tes swab ke dua pasien 01 dan 02 tersebut dinyatakan negatif.

"Hasil tes swab ke dua pasien 01 inisial H dan pasien 02 inisial EBA yang saat ini dirawat di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Undata Kota Palu negatif," kata Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulteng, Muhammad Haris Kariming di Palu, Ahad.

Meski begitu, ia menjelaskan sesuai Protokol Penanganan COVID-19 Kementerian Kesehatan pihaknya mesti menunggu hasil tes swab ke tiga.

Jika hasil tes swab ke tiga tetap negatif maka status positif COVID-19 ke dua pasien tersebut dapat dicabut.

Baca juga: Palu siapkan tiga gedung rawat pasien COVID-19

Baca juga: Dinkes: Partisipasi warga Palu antisipasi COVID-19 sangat penting


"Apabila hasilnya negatif baru dinyatakan sembuh dan dikeluarkan dari data PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dinyatakan postif," ujarnya.

Haris berharap hasil pemeriksaan swab ke tiga tetap negatif sehingga jumlah penderita COVID-19 di Sulteng berkurang.

Hingga kini empat warga Sulteng dinyatakan positif COVID-19 yang sebelumnya berstatus PDP. Ke empat nya berdomisili di Kota Palu.

Dari keempat pasien itu, dua dirawat di RSUD Undata Palu dan satu di Rumah Sakit Anutapura Palu (RSAP). Satu meninggal dunia pada Senin (30/3) setelah sebelumnya mendapat perawatan di RSAP.*

Baca juga: Istri pasien positif COVID-19 di Kota Palu diisolasi di RSUD Undata

Baca juga: Warga Sulteng positif COVID-19 bertambah jadi empat orang


Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar