Enam pasien sembuh dari COVID-19 di Sumbar

id pasien bertambah sembuh di sumbar,pasien sembuh dari corona di sumbar,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Enam pasien sembuh dari COVID-19 di Sumbar

Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman mendampingi Gubernur Sumbar Irwan prayitno. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Jumlah pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dua kali tes swab di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand bertambah dua orang dari hari sebelumnya menjadi enam orang.

"Dua pasien yang sembuh itu berasal dari Padang. Keduanya menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman di Padang, Jumat.

Menurutnya tambahan pasien yang sembuh dari COVID-19 itu menjadi kabar gembira dan diharapkan bisa pula memotivasi pasien lain agar memiliki keinginan yang besar pula untuk sembuh.

Baca juga: Pasien sembuh: Dukungan moral bantu pasien COVID-19 lebih cepat sembuh

Ia mengatakan, informasi dari salah seorang pasien yang telah sembuh, dukungan moral dari keluarga dan lingkungan sekitar berpengaruh besar untuk menjaga mental pasien supaya tidak "down" atau stres. Kondisi mental itu akan mempengaruhi pula proses penyembuhan.

Sementara itu total pasien yang dinyatakan positif COVID-19 di daerah itu juga masih terus bertambah menjadi 31 orang atau bertambah 3 (tiga) orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 28 orang.

Tiga orang itu perempuan dengan rincian dua orang pasien RS Semen Padang dan satu orang di M Jamil Padang.

Baca juga: Perawat di Jateng kenakan pita hitam sebagai wujud duka

Data Dinas Kesehatan Sumbar, total orang dalam pemantauan (ODP) saat ini 4.573 orang, naik dari hari sebelumnya yang berjumlah 4.066 orang. Dari jumlah itu dalam proses pemantauan 1.324 orang dan telah selesai pemantauan 3.249 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 106 orang dengan rincian masih dirawat (menunggu hasil lab) 21 orang, isolasi di rumah 10 orang, dinyatakan negatif 75 orang.

Positif COVID-19 sebanyak 31 orang masing-masing dirawat 14 orang yaitu di RSUP M Jamil tujuh orang, RSAM Bukittinggi tiga orang, RS Semen Padang tiga orang, dan RSUD M Zein Painan satu orang.

Kemudian pasien isolasi di rumah 12 orang, sembuh enam orang dan meninggal dunia tiga orang.

Baca juga: Lab IPB untuk pengujian diagnostik COVID-19 segera dioperasikan
Baca juga: Kebun Binatang Bandung tutup hingga 29 Mei 2020
Baca juga: Batam minta rumah sakit evaluasi diet pasien COVID-19

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar