Sebanyak 398 ABK WNI dari AS tiba di Bandara Soekarno-Hatta

id anak buah kapal,abk wni,covid 19

Sebanyak 398 ABK WNI dari AS tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Sejumlah ABK World Dream menunjukkan sertifikat bukti sehat usai tiba di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan seluruh 188 WNI ABK yang telah menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, terbukti sehat dan terbebas dari infeksi virus corona. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) -

Sebanyak 398 anak buah kapal (ABK) WNI yang berasal dari empat kapal pesiar yaitu Carnival Horizon (139 ABK), Carnival Paradise (46), Carnival Senfation (67), dan Carnival Sunrise (146) tiba di Tanah Air pada Senin (13/4), dengan menggunakan pesawat carter Evelop Airlines.

Sejak proses keberangkatan hingga ketibaan, para ABK yang bekerja di kapal pesiar milik perusahaan Carnival Cruise Line dari Miami, Amerika Serikat, telah melalui protokol kesehatan yang ketat.

Proses awal dilakukan sebelum berangkat dari Miami dan selanjutnya pada saat ketibaan di Bandara Soekarno-Hatta, demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, Selasa.

Saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah melaksanakan serangkaian pemeriksaaan kesehatan bagi para ABK yang antara lain mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (health alert card), pemeriksaan suhu tubuh (thermo scanner/thermo gun), pemeriksaan oksigen dalam darah, dan wawancara singkat mengenai kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan.

Menjelang proses pemulangan, pemerintah melalui sejumlah perwakilan di Amerika Serikat terus menjalin komunikasi dengan para ABK untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Sebelum kepulangan, para ABK telah melalui proses karantina dan tes kesehatan. Mereka tidak memiliki gejala-gejala yang menunjukan infeksi COVID-19.

Baca juga: Ribuan WNI bekerja di kapal asing, 963 sudah pulang ke Indonesia
Baca juga: BNPB dukung pemulangan WNI dari kapal World Dream dan Diamond Princess


Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar