Kabareskrim harap Cyber Police Festival dorong netizen bijak bermedsos

id Listyo sigit prabowo,Cyber Police Festival 2020

Kabareskrim harap Cyber Police Festival dorong netizen bijak bermedsos

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat membuka acara pengumuman pemenang lomba Cyber Police Festival 2020 volume 1.0. di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berharap kegiatan Cyber Police Festival 2020 volume 1.0 dapat memberikan panduan kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan baik.

"Ini tahap awal bagaimana membuat literasi, panduan yang positif sehingga ke depan penggunaan media sosial atau teknologi informasi ini betul-betul bisa berdampak positif," kata Komjen Sigit dalam acara pengumuman pemenang lomba Cyber Police Festival 2020 di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut, infrastruktur teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan konten-konten yang baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Baca juga: Hari Bhayangkara Bareskrim umumkan pemenang Cyber Police Festival

"(Teknologi infomasi) kalau dimanfaatkan dengan baik tentu akan menjadi alat bantu meningkatkan (penyebaran) informasi, sarana memberikan pendidikan bagi masyarakat, informasi positif yang cepat tersampaikan akan membuat masyarakat lebih memahami apa yang terjadi," katanya.

Eks Kadiv Propam Polri ini menambahkan informasi dari tokoh-tokoh yang berpengaruh cenderung dipercaya masyarakat sehingga perlu untuk menyaring konten yang dipublikasikan di media sosial agar informasi-informasi positif dan bermanfaat dapat diterima oleh masyarakat.

"Inilah yang harus kita jaga, bagaimana agar informasi-informasi yang kemudian dimunculkan di dunia siber, medsos betul-betul bisa disaring sehingga informasi tersebut jadi informasi positif, bermanfaat bagi banyak orang," katanya.

Baca juga: Sambut HUT Bhayangkara, Bareskrim gelar "Cyber Police Festival"

Sigit juga menyoroti masih maraknya konten-konten negatif yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan berefek buruk bagi psikologi masyarakat.

Menurut dia, upaya meningkatkan literasi digital masyarakat merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mencegah terjadinya perpecahan di tengah masyarakat yang diakibatkan konten-konten negatif di media sosial.

"Merupakan tanggung jawab kita semua untuk memberikan pendidikan yang baik sehingga masyarakat tidak terpecah belah hanya karena cara penggunaan media sosial," katanya.

Baca juga: Polri ungkap 77 kasus hoaks soal covid-19 di medsos

Cyber Police Festival 2020 volume 1.0 merupakan inisiatif dari Direktur Siber Bareskrim Polri yang diadakan bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

Lomba yang digelar sejak 17 Juni hingga 30 Juni 2020 itu mendorong netizen untuk menyalurkan kreativitasnya dalam bentuk konten yang terdiri dari beberapa kategori yakni foto, video pendek, esai dan infografis. Masing-masing kategori terdiri dari juara 1, 2, dan 3.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar