Kapolri pesan ke calon perwira remaja agar disiplin dan bekerja keras

id Idham azis,Hadi Tjahjanto

Kapolri pesan ke calon perwira remaja agar disiplin dan bekerja keras

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan) dalam acara pembekalan kepada 750 Calon Perwira Remaja (Capaja) Taruna-Taruni TNI dan Polri Tahun 2020 di Mako Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020). (ANTARA/ HO-Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis berpesan kepada para calon perwira remaja (capaja) agar selalu disiplin dan bekerja keras dalam meniti karir mereka.

"Di dalam meniti karir, tidak ada yang instan. Semuanya harus melalui proses. Kalian harus selalu disiplin dan bekerja keras. Tidak ada orang yang berleha-leha terus bisa naik pangkat," kata Jenderal Idham saat acara pembekalan kepada 750 (Calon Perwira Remaja (Capaja) Taruna-Taruni TNI dan Polri Tahun 2020 di Mako Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Di hadapan 457 Capaja Akademi TNI dan 293 Capaja Akademi Kepolisian, Idham meminta mereka untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri, institusi TNI/ Polri dan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Kapolri pesan ke Taruna Akpol jangan lupa ucapkan 3 kata ajaib

Para capaja juga diminta untuk memiliki komitmen dan berintegritas selama menjalankan tugas sebagai perwira.

"Kalian harus memiliki komitmen dan integritas. Itulah modal dasar perwira," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga berpesan agar para capaja membiasakan menggunakan tiga kata ajaib dalam bertugas maupun dalam kehidupan sehari-sehari, yaitu kata tolong, maaf dan terima kasih.

"Kalau kau sudah dinas nanti, jangan lupa kata-kata tolong, terima kasih dan maaf. Ingat anak-anakku sekalian, di atas langit masih ada langit. Kalau kau sudah punya tiga itu tadi, kau akan bersikap humble, kau akan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, teman maupun atasanmu," imbuh Idham.

Kapolri pun memotivasi para capaja untuk bersama-sama memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara dengan mengemban tugas secara tanggung jawab, amanah dan sepenuh hati.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Kapolri minta maaf bila kinerja Polri belum maksimal

"Di dalam pembinaan karir, ke depan semua punya kesempatan dan kemungkinan yang sama untuk menduduki tampuk pimpinan. Saya yakin tahun 2050, ada diantara calon perwira remaja di depan saya sekarang yang akan menjadi Panglima TNI atau Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia," kata Kapolri.

Sementara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan beberapa penekanan kepada capaja TNI-Polri, di antaranya agar menjaga soliditas dan sinergitas TNI Polri bersama komponen bangsa lainnya sebagai perekat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan agar mengembangkan potensi diri dan segera beradaptasi dengan lingkungan tugas.

"Tunjukkan prestasi sebagai perwira muda yang tangguh, menjadi andalan di kesatuan masing-masing, memiliki loyalitas tegak lurus dan pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara, pegang teguh nilai-nilai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Tri Brata dan Catur Prasetya," kata Panglima TNI.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan Capaja TNI/Polri antisipasi ancaman biologis

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar