Warga terkonfirmasi COVID-19 di Blitar bertambah 17 total 288 orang

id asn blitar positif covid-19 ,corona blitar,kasus corona blitar

Warga terkonfirmasi COVID-19 di Blitar bertambah 17 total 288 orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti. ANTARA Jatim/ dokumen

Blitar (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengonfirmasikan terdapat 17 orang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Blitar, sehingga kini totalnya mencapai 288 orang.

"Untuk persebaran COVID-19 di Kabupaten Blitar, terdapat 17 konfirmasi baru," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti di Blitar, Sabtu.

Ia mengatakan 17 warga yang dinyatakan positif COVID-19 itu dari kontak erat yang sebelumnya telah mereka lakukan dengan warga yang sudah dinyatakan positif terlebih dahulu.

Baca juga: Jumlah kasus COVID-19 di Blitar terus bertambah

Mereka berasal dari berbagai kecamatan antara lain Kecamatan Sanankulon, Ponggok, Sutajayan, Garum, Binangun, Kanigoro, Talun, Kesamben, Srengat dan Kademangan.

Namun, saat dikonfirmasi apakah termasuk dari hasil pelacakan ASN yang sebelumnya telah dinyatakan positif COVID-19 di Kabupaten Blitar, Krisna mengatakan bukan dari hasil pelacakan  ASN.

"Tambahan itu dari kontak erat sebelumnya. Untuk swab yang ASN di sekretariat masih keluar 35 dan semua negatif. Alhamdulillah," kata Krisna.

Baca juga: Dokter di Blitar yang positif covid, para pasien tes usap

Walaupun yang terkonfirmasi banyak, jumlah warga yang dinyatakan sudah sembuh juga semakin banyak. Ada 30 orang yang telah dinyatakan sembuh dan dua orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia.

Secara total, dari 288 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, 157 orang telah dinyatakan sembuh, 116 orang telah diobservasi, dan 15 orang lainnya telah meninggal dunia.

Baca juga: Didominasi klaster RSUD Ngudi Waluyo, 39 orang di Blitar positif

Baca juga: Dua anak sembilan tahun di Blitar positif COVID-19


Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar juga meminta warga untuk tetap waspada, tertib melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), rajin cuci tangan, menggunakan masker, dan menerapkan jaga jarak.

Sementara itu, untuk dua kantor di Pemkab Blitar yang terdapat ASN telah dinyatakan positif COVID-19, rencananya akan mulai dioperasikan kembali pada Senin pekan depan. Dua kantor yakni Dinas Kesehatan serta Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar telah ditutup mulai Kamis (6/8).

Sebelumnya, terdapat ratusan ASN yang telah dilakukan swab menyusul temuan ASN positif COVID-19 tersebut. Kini, ASN yang telah dinyatakan positif COVID-19 itu telah mendapatkan perawatan dan melakukan isolasi diri. 

Baca juga: Pejabat Kemenag Blitar sembuh dari COVID-19 dan selesaikan program S3

 

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar