Kasus positif COVID-19 Kaltim bertambah 35 orang

id update COVID-19,Kaltim

Kasus positif COVID-19 Kaltim bertambah 35 orang

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukkan tren peningkatan dengan adanya tambahan sebanyak 35 pasien terkonfirmasi positif berdasarkan data Dinas Kesehatan wilayah setempat, Sabtu.

Juru Bicara Gugus Tugas percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak menyampaikan akumulatif kasus tetkonfirmasi positif sudah mencapai 1.834 kasus.

"Tambahan 35 kasus baru tersebar di Kabupaten Paser 7 kasus, kabupaten Kutai Timur 8 kasus, Kota Samarinda juga 8 kasus, serta Kabupaten Kutai Kartanegara 12 kasus," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda, Sabtu.

Baca juga: Positif COVID-19 Kaltim bertambah 36 orang

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu menyebutkan ada penambahan 284 kasus suspek, sehingga menjadikan total kasus suspek yang diperiksa di laboratorium menjadi 11.769 kasus.

“Saat ini masih ada sebanyak 2.750 kasus yang masih menunggu pemeriksaan swab,” kata Andi M Ishak.

Menurut Andi Muhammad Ishak dari 35 kasus tersebut 26 di antaranya merupakan orang yang sebelumnya tanpa gejala, baik dari pemeriksaan mandiri, maupun pelacakan dari dinas kabupaten dan kota setempat.

Dia menyebutkan bahwa penularannya teridentifikasi melalui kontak erat dengan pasien yang sebelumnya lebih dulu terkonfirmasi positif.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Kaltim tambah 67 Orang

Baca juga: Warga positif COVID-19 di Kaltim bertambah 83 orang

Andi Muhammad Ishak juga mengabarkan tambahan satu pasien meninggal dunia dari Kabupaten Paser.

"Pasien ini dilaporkan meninggal dunia pada 3 Agustus, jam 8 malam. Dilakukan pemakaman sesuai protokol pemakaman jenazah korban COVID-19,” tambah Andi.

Sedangkan pasien sembuh juga mengalami penambahan sebanyak 28 orang tersebar di Paser 6 kasus, Berau 3 kasus, serta dari Samarinda ada 19 kasus.

Total pasien yang dinyatakan sembuh ada 1.165 kasus, sementara yang meninggal dunia menjadi 47 orang, sedangkan yang masih menjalani perawatan 622 kasus,” kata Andi Muhammad Ishak.

Baca juga: Positif COVID-19 Kaltim bertambah 70 orang

 

 


Pewarta : Arumanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar