Kemarin, uji klinis vaksin Sinovac hingga awan berbentuk tsunami

id uji klinis vaksin COVID-19,vaksin COVID-19 Sinovac,Presiden jokowi,vaksin merah putih,awan tsunami

Kemarin, uji klinis vaksin Sinovac hingga awan berbentuk tsunami

Tangkapan layar yang terekam kamera warga diatas langit Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat, saat terjadinya fenomena alam awan Arcus, Senin (10/8/2020) pagi. Fenomena alam ini hingga Senin malam turut menjadi perbincangan hangat masyarakat dan jagat media sosial karena bentuknya mirip gelombang tsunami yang melanda Aceh pada Ahad, 26 Desember 2004 silam. (FOTO ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Jakarta (ANTARA) - Ada sejumlah berita humaniora kemarin (11/8) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini di antaranya uji klinis fase tiga kandidat vaksin COVID-19 dari Sinovac, China, dimulai di Indonesia, pengembangan vaksin Merah Putih, bantuan subsidi upah dan fenomena awan berbentuk tsunami.

Berita-beritanya sebagai berikut:

Uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 di Indonesia resmi dimulai

Uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 Sinovac, China, secara resmi dimulai di Indonesia, Selasa (11/8) yang ditandai dengan peninjauan fasilitas dan kapasitas produksi di Bio Farma serta penyuntikan perdana Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Unpad Kota Bandung, Jawa Barat, yang disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk melihat persiapan fasilitas produksi vaksin COVID-19 serta melihat uji usap dan penyuntikan perdana kepada 20 relawan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca berita: di sini

Presiden Jokowi: Indonesia kembangkan sendiri vaksin Merah Putih

Presiden Joko Widodo menjelaskan ada dua vaksin yang saat ini sedang dikembangkan dan dikerjakan oleh pemerintah bekerja sama dengan lembaga terkait yaitu vaksin dari Sinovac, China dan vaksin Merah Putih yang seluruhnya buatan Indonesia.

"Jadi kita mengembangkan 'full' sendiri oleh lembaga Eijkman dan juga BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), Kementerian Riset dan Teknologi dan universitas-universitas yang kita miliki yaitu vaksin Merah Putih," kata Presiden Joko Widodo di RS Pendidikan Universitas Padjajaran Bandung, Selasa.

Cek berita: di sini

Menaker harap bantuan subsidi upah bisa dimulai Agustus

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan dalam waktu dekat akan merampungkan Peraturan Menaker (Permenaker) terkait bantuan subsidi upah untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta agar program tersebut bisa dijalankan pada Agustus 2020.

"Kami usahakan hari ini selesai, pengajuan usulan DIPA sudah sampai ke Bu Menteri (Keuangan). Hari ini akan dilengkapi dengan Permenaker, mudah-mudahan Agustus ini kita bisa mulai, subsidi upah sudah bisa diberikan," kata Menaker Ida ketika ditemui usai dialog dengan pelaku sektor pariwisata di Jakarta pada Selasa.

Cek berita: di sini

Penjelasan BMKG terkait fenomena awan berbentuk tsunami di Aceh

Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan bahwa fenomena awan hitam memanjang yang terlihat seperti tsunami di Meulaboh, Aceh, dinamakan dengan awan arcus.

"Secara ilmiah dalam dunia Meteorologi, fenomena awan tersebut dinamakan dengan awan arcus (ref: cloud atlas World Meteorological Organization, WMO). Di mana fitur awan Arcus dapat ditemukan di antara jenis awan Cumulonimbus dan Cumulus," katanya kepada wartawan, Selasa.

Simak berita: di sini

BMKG: Terdeteksi sebanyak 6.382 "hotspot" di Kalbar

BMKG Bandara Supadio Pontianak mencatat, pada Senin, 10 Agustus 2020, terdeteksi sebanyak 6.382 hotspot atau titik panas di Provinsi Kalimantan Barat.

"Sebaran hotspot tersebut berdasarkan data LAPAN tanggal 10 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB," kata Kepala BMKG Supadio Pontianak, Nanang Buchori melalui rilis tertulis di Pontianak, Selasa.

Dari 14 kabupaten di Kalbar, hanya dua daerah yang nol hotspot yakni di Kota Pontianak, dan Kota Singkawang.

Simak berita: di sini


Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar