Bandung, 18/1 (ANTARA) - Ratusan kios di Pasar Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu malam (17/1) hangus dilalap api pada pukul 21.30 WIB dan hingga tengah malam api masih belum bisa dipadamkan karena sulit mendapatkan air.

"Jarak pengambilan air 10-15 km. Di kawasan ini tidak sumber air," ujar Kepala Dinas Kebakaran Prijo Soebiandono di Bandung.

Seain itu, lanjutnya, kencangnya angin membuat api cepat menjelar kios lainya.

"Angin yang kencang membuat api cepat merambat dan membesar. Petugas terpaksa menggunakan air got untuk memadamkan api," ujar Prijo.

Prijo menambahkan, dalam kebakaran besar tersebut, Dinas Kebakaran Kota Bandung menerjunkan 15 mobil pemadam kebarakan serta 60 tangki air.

Hingga berita ini diturunkan, belum bisa diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Polisi pun dikerahkan untuk mengamankan arus lalu lintas dan penjarahan di kawasan pasar tersebut.

Dari pantauan di lapangan, saat kebakaran terjadi, lampu di kawasan Ujung Berung mati total. Sementara itu arus lalu lintas dialihkan ke jalan Sukarno Hatta Kota Bandung.

Sementara itu, salah seorang pedagang pakaian di pasar tersebut, mengaku rugi ratusan juta rupiah karena barang daganganya ludes di lalap api.

"Kebakaran ini bukan yang pertama kalinya, di tahun sebelumnya juga pernah terjadi kebakaran," ujar salah seorang pedagang tersebut.

Petugas pemadam kebakaran dapat meluluhkan api dini hari.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010