Dua Bapaslon daftar di KPU Bengkayang pada hari pertama

id Pilkada bengkayang, bengkayang, kalbar,bakal paslon kpu,pendaftaran pilkada 2020

Dua Bapaslon daftar di KPU Bengkayang pada hari pertama

KPU Bengkayang memberi keterangan soal pendaftaran dua Bapaslon di hari pertama (ANTARA/Wati)

Pontianak (ANTARA) - Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, Kalimatan Barat yakni Herman Ivo - Yohanes Pasti dan Martinus - Carlos Dja'afara secara resmi mendaftarkan diri di KPU Bengkayang, Jumat, untuk berlaga di Pilkada 2020.

Herman Ivo - Yohanes yang diusung Partai Demokrat dan PKB tiba di KPU Bengkayang pukul 14.00 WIB. Sedangkan selisih satu jam Bapaslon Martinus- Carlos Dja'afara tiba di KPU yang diiringi tarian dayak. Pasangan Martinus Carlos ini di usung PDI-P dan NasDem kemudian didukung oleh tujuh partai politik lainnya yang disebut koalisi "Bengkayang Bangkit Maju, Hebat".

Herman Ivo menyatakan bahwa berkas sudah diserahkan untuk diperiksa KPU. Ia menyatakan siap bertarung pada Pilkada 2020 ini, dan siap menang.

"Pasangan Ivo- Pasti menang. Kami sudah mendaftar di KPU, dan tentu kita siap dalam pesta demokrasi ini," ungkap Ivo usai mendaftar di KPU Bengkayang, Jumat.

Ivo juga menegaskan akan fokus pada pertanian demi kebaikan pangan masyarakat di Kabupaten Bengkayang.

"Selain itu, jika terpilih menjadi Bupati Bengkayang tentu akan memperjuangkan peraturan daerah tentang hak hutan adat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Martinus- Carlos (MC), Eddy menyatakan, semua berkas persyaratan pendaftaran sudah dilengkapi.

"Berkas pencalonan itu, surat pencalonan yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris PDI Perjuangan dan Partai NasDem, kemudian Rekomendasi DPP dalam bentuk Model B1 KWK yang di tandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal juga sudah lengkap, serta SK kepengurusan juga udah dianggap sesuai oleh KPU Kabupaten Bengkayang. Sedangkan untuk berkas syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati juga sudah kami lengkapi semuanya," ungkap Eddy.

Eddy melanjutkan, alasan mendaftarkan pasangan calon pada hari pertama pendaftaran karena mengikuti instruksi dari DPP PDI Perjuangan yang meminta seluruh daerah yang ikut Pilkada, agar secara serentak mendaftarkan pasangan bakal calon pada hari Rabu, tanggal 4 September 2020.

"Terkait dengan pandemi COVID kami akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah," kata dia.

Ketua KPU kabupaten Bengkayang, Musa Jairani menyatakan, pada hari pertama pembukaan pendaftaran, Jumat (4/9) ada dua tim yang sudah mendaftar di KPU Bengkayang, yaitu Herman Ivo- Yohanes Pasti, dan Martinus - Carlos Dja'afara.

"Maka secara resmi hari ini ada dua pasangan yang mendaftar di KPU, dan nanti statusnya akan kita keluarkan setelah ada hasil verifikasi berkas. Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang berlangsung selama tiga hari, 4-6 September 2020," katanya.

Baca juga: Gerindra Bengkayang utamakan kader maju di Pilkada 2020

Baca juga: Tanpa mahar, PDIP buka pendaftaran Bupati Bengkayang

Baca juga: KPU Bengkayang tunda dua tahapan Pilkada 2020 karena COVID-19

Baca juga: KPU Bengkayang: Beberapa kegiatan tahapan Pilkada dilakukan virtual

Pewarta : Dedi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar