Mamuju (ANTARA News) - Sebanyak dua rumah toko (Ruko) dan empat unit rumah warga di Kelurahan Binanga Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terbakar, Minggu. sekitar pukul 11.00 WITA.

Kebakaran yang terjadi dikawasan pemukiman padat penduduk itu memacetkan sejumlah ruas jalan dan membuat ribuan warga Mamuju yang menyaksikan kebakaran itu jadi panik.

Tajab salah seorang warga mengatakan, kebakaran tersebut terjadi diduga akibat kompor warung coto salah seorang warga, meledak dan mengakibatkan kebakaran.

"Kebakaran terjadi setelah kompor penjual coto meledak kemudian dari ledakan itu menimbulkan api yang kemudian membesar dan menjalar dan membakar ruko dan rumah warga di sekitarnya,"ujarnya.

Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan setengah jam kemudian setelah lima unit mobil pemadam kebakaran diterjungkan kelokasi untuk memadamkan kobaran api.

Menurut dia, akibat kebakaran tersebut warga yang menjadi korban kebakaran mengalami kerugian hingga mencapai ratusan juta rupiah, karena selain rumah juga sejumlah barang berharga milik warga juga ludes dilalap api.

"Teman saya Risman menjadi korban karena kehilangan berkasnya yang berharga seperti ijazah dan berkas kantor penting lainnya akibat tidak bisa diselamatkan pada saat kebakaran ini terjadi, begitu juga rumah tempat tinggalnya serta barang berharga lainnya juga dilalap api," katanya.

Begitu juga warga lainnya yang rumahnya terbakar juga mengalami kerugiannya yang sama mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, puluhan personel polisi dari Polres Mamuju tampak berjaga-jaga untuk mengamankan lokasi kebakaran.

Kasat Reskrim Polres Mamuju, menyatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010