Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 22 anak buah kapal (ABK) MV Ammanagappa yang karam di wilayah perairan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), kemarin, dievakuasi ke Poliklinik Kesehatan Pelabuhan Makassar.

"Informasi yang kami terima kalau siang tadi ada kapal yang tenggelam di perairan Mamuju Sulbar dan semua ABK nya sudah diamankan oleh kapal barang MV Neptunus lainnya yang lewat disekitarnya," kata Kasat Reskrim Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Makassar AKP Yadin di Makassar, Minggu.

Dikatakannya, MV Ammana Gappa yang mengangkut pupuk Indeks sekitar 3.688 ton dengan jumlah kru 22 berlayar dari dermaga Pelabuhan Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) tenggelam di wilayah perairan Mamuju, Sulbar atau pada koordinat 02.40.6 LS dan 118.24.0 sekitar 27 mil sebelah barat Tanjung Renggas Mamuju.

Rencananya, MV Neptunus yang berlayar dari Mamuju ke Makassar akan merapat ke dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada pukul 13.00 WITA, namun baru merapat setelah pukul 17.00 WITA.

MV Neptunus yang membawa 22 ABK MV Ammanagappa itu saat merapat di dermaga langsung dievakuasi ke Poliklinik Kesehatan Pelabuhan Makassar.

Dokter Kesehatan Poliklinik Pelabuhan Makassar dr Taufik mengatakan, kondisi ke 22 ABK itu dalam keadaan baik karena pada saat kapal tersebut tenggelam ada kapal barang lainnya yang melintas sehingga diselamatkan.

"Semuanya sudah kami periksa dan secara umum kondisinya baik tidak ada yang mengkhawatirkan. Mereka semua sudah kami pulangkan setelah mendapat perawatan," katanya.

Ke 22 ABK yang diselamatkan yakni, Capten Kapal Syamsuddin Said, Yanto, Abdu, Bonepadang, Joko Suarso, Joko Purnomo, Darwin, Surasno, Widara Eka Putra, Ismail, Marwan, Rudi, Said, Suryadi, Arianto, Hasrilong, Basumi, Erlianto, Ardi Afriadi, Robert, Silabing dan Unding.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010