BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

id bmkg,longsor,pegunungan',sumut

BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

BMKG. ANTARA/Azis Senong.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Sumatera Utara untuk waspada terjadinya hujan lebat di pegunungan, lereng timur, lereng barat dan pantai barat yang dapat berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

Balai Besar MKG (BBMKG) Wilayah I Medan dalam rilis yang diterima di Medan, Rabu, menyebutkan siang hari akan terjadi hujan ringan dan hujan lebat disertai guntur di wilayah Kabupaten Langkat, Karo, Simalungun, dan Asahan.

Kemudian, pada sore hingga malam hari terjadi hujan sedang di seluruh wilayah Sumatera Utara. Sementara pada dini hari terjadi hujan ringan hingga hujan lebat di wilayah Langkat, Karo, Simalungun, Toba, Samosir, Madina, Taput, Dairi, Humbahas.

Suhu udara antara 17.0 hingga 31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen dan angin berembus dari timur laut ke barat daya dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Untuk prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang- Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Nias-Sibolga masuk kategori sedang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter.

Baca juga: BMKG: Hujan di Sumut akibat sirkulasi siklonik Samudera Hindia

Baca juga: Sepekan terakhir terjadi 31 gempa di Sumut dan Aceh

Baca juga: BMKG: Dampak sirkulasi siklonik meluas ke-10 provinsi di Sumatera

Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar