Polres Bogor tetapkan dua tersangka pembuang sampah APD

id Sampah apd, kabupaten bogor, jawa barat

Polres Bogor tetapkan dua tersangka pembuang sampah APD

Kepala Polres Bogor, AKBP Harun. ANTARA/M Fikri Setiawan.

Parung, Bogor (ANTARA) - Polres Bogor, Polda Jawa Barat, menetapkan dua tersangka atas kasus pembuangan puluhan kantong sampah berisi alat pelindung diri (APD) secara sembarangan di Kabupaten Bogor.

"Pelaku pembuangan limbah medis sudah kami tahan, ada dua orang," kata Kepala Polres Bogor, AKBP Harun, usai meninjau posko penanganan Covid-19 di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor, Selasa (9/2).

Baca juga: KLHK larang pembuangan limbah medis di TPA sampah rumah tangga

Meski begitu, Harun belum mau memaparkan lebih rinci mengenai siapa yang terlibat serta maksud dan tujuan membuang sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) itu secara sembarangan.

"Siapa-siapanya, tugasnya apa, nanti ya. Yang pasti kami sudah menangkap dua pelaku, pembuangan limbah medis di Tenjo dan Cigudeg," kata Harun.

Baca juga: Sekda Bogor geram, 17 karung sampah APD dibuang sembarangan

Menurut dia, pengolahan limbah medis memerlukan penanganan khusus dari pihak yang sudah bersertifikat. Maka, ketika proses pengolahan limbah medis dilakukan tak sesuai dengan prosedur, dapat dipastikan merupakan tindakan pidana.

Pemerintah Kabupaten Bogor menemukan tumpukan karung berisi sampah medis di dua lokasi lahan pertanian berbeda selama dua hari berturut-turut.

Baca juga: DLH: Sampah masker membutuhkan penanganan khusus

Penemuan pertama ditemukan 17 karung sampah berisi masker dan hazmat di Kecamatan Tenjo, Bogor pada Selasa (2/2), serta penemuan kedua sebanyak 55 karung sampah berisi hazmat, jarum suntik, dan botol infus di Cigudeg, Bogor, pada Rabu (3/2).

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar