Taman Eden 100 di Lumban Julu Toba tawarkan edukasi wisata alam

id taman eden, toba, danau toba

Taman Eden 100 di Lumban Julu Toba tawarkan edukasi wisata alam

Pemandangan Taman Eden 100 yang berada di kabupaten Toba, Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/am.

Balige (ANTARA) - Taman Eden 100 yang berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, menawarkan konsep edukasi wisata alam karena lokasinya yang memiliki banyak spot dan berbagai kegiatan dapat di lakukan di kawasan itu.

Pendiri Tamen Eden 100, Marandus Sirait, di Balige, Kamis, mengatakan, sesuai namanya Taman Eden 100 adalah wisata dengan nuansa alami dan pada saat pembentukannya ditanami dengan 100 jenis tanaman.

Menurut Marandus, Taman Eden 100 berada di Desa Sionggung Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba itu cocok untuk lokasi berkemah, mendaki gunung dan untuk penelitian fauna dan flora. Memiliki sejumlah air terjun baik yang dua tingkat, tujuh tingkat dan ada juga air terjun yang tepat berada di mulut gua.

Juga ada Bukit Manja yang akan memanjakan pengunjung dengan latar belakang Danau Toba yang luas serta Pulau Samosir yang terlihat jelas.

Selain itu juga ada Gunung Pangulubao dengan ketinggian kurang lebih 2.150 mdpl yang jaraknya sekitar 6 km dari posko. Untuk mencapainya banyak tantangan yang harus dilewati sehingga sangat digemari oleh petualang rimba dan pendaki gunung.

Di lokasi itu juga ada berbagai jenis tanaman khas seperti tahul-tahul (Nephenthes), bunga Batak (Macodes Petola), bunga Soripada (Malakis) dan berbagai jenis anggrek langka.

Dalam kesempatan itu Ia juga menceritakan bahwa pada tahun 2007, bank pohon didirikan di Taman Eden 100 untuk mensuplai bibit-bibit ke kawasan Danau Toba dalam rangka penghijauan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

"Taman Eden 100 juga menyediakan lokasi penanaman pohon bagi para tamu yang memiliki komitmen dalam pelestarian alam, bibit dan papan nama yang menanam juga kami sediakan," katanya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Agus Karo-Karo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang digagas Marandus Sirait, karena berdampak pada kemajuan daerah dan pengembangan pariwisata di kawasan itu.

"Banyak konsep yang bisa ditawarkan di Taman Eden 100 tersebut dan tentunya akan sangat memanjakan pengunjung terutama yang suka akan wisata petualangan," katanya.

#GernasBBI
#BeliKreatifDanauToba

Baca juga: 200 spesies anggrek baru ditemukan di Taman Eden
Baca juga: Andaliman, rempah eksotik dari Tanah Batak
Baca juga: Tao Silalahi objek wisata andalan Kabupaten Dairi

Pewarta : Juraidi
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar