1.000 nakes apel siaga sukseskan festival vaksinasi di Makassar

id 1.000 nakes, Tenaga Kesehatan, Tim Dokter, vaksinator, apel siaga, sukseskan vaksinasi, festival smart vaksinasi, pemkot makassar, wali kota makassar

1.000 nakes apel siaga sukseskan festival vaksinasi di Makassar

Suasana apel siapa persiapan pelaksanaan Festival Smart Vaksinasi COVID-19 di tribun lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/3/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Makassar/am.

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.000 relawan, tenaga kesehatan, vaksinator dan tim dokter mengikuti apel siaga untuk mengawal kesuksesan program festival smart vaksinasi Coronavirus Disease (COVID-19) yang dijadwalkan 16 Maret 2021 di tribun lapangan Karebosi Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Hari ini kita kumpulkan semua dokter, tenaga kesehatan dan vaksinator di 47 Puskesmas se-Kota Makassar. Tujuannya, untuk memberikan edukasi agar para vaksinator ini siap menjadi garda terdepan dalam percepatan pemulihan kesehatan di masa pandemi COVID-19," ucap Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memimpin apel siaga, Jumat.

Apel siaga tersebut, kata dia, diharapkan mampu membantu mensukseskan program Makassar Recover yang menjadi program kepemimpinan pasangan Wali Kota dan Wali Kota Danny-Fatma.

Melalui Festival Smart Vaksinasi ini, pihaknya optimistis mampu menekan laju peningkatan dan penyebaran virus Corona serta menopang percepatan pemilihan kesehatan dan ekonomi di Kota Daeng itu.
Baca juga: Kemenkes apresiasi pelaksanaan vaksinasi massal di Makassar
Baca juga: Sembilan puskesmas di Makassar dijadwalkan lakukan vaksinasi serentak


Pria akrab disapa Danny Pomanto ini menyebut, Provinsi Sulawesi Selatan mendapatkan jatah 1,6 juta vaksin, sementara Kota Makassar mendapat jatah 240 ribu vaksin. Untuk itu, ia menuturkan, diperlukan percepatan segera dan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

"Kota Makassar dapat bagian 240 ribu vaksin. Ini yang harus segera di bagikan ke masyarakat. Modelnya nanti, semua vaksinator duduk di kursinya masing-masing dan akan di datangi oleh petugas. Ini untuk menghindari adanya kerumunan," sebut Danny.

Selain itu, sebelum menjalankan tugas, para vaksinator di berikan screaning digital, selanjutnya akan ditunjukkan kepada petugas dimana lokasi untuk mendapatkan kode kursi.
Wali Kota Makassar memimpin apel siaga persiapan pelaksanaan Festival Smart Vaksinasi COVID-19 di tribun lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/3/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Makassar/am.

“Jadi para vaksinator itu pakai sistem digital. Akan dia perlihatkan ke petugas untuk mengetahui nomor kursinya berapa. Mereka akan di jemput ojek online, jadi tidak ada pelaksanaan vaksinasi tindakan mengakibatkan kemacetan maupun kerumunan orang," ujar dia menegaskan.

Rencananya, Festival Smart Vaksinasi Makassar ini mulai pekan depan, pada 16 Maret 2021. Ditargetkan 1.000 vaksinator siap bertugas pada tempat dan posisi masing-masing. Festival ini juga menepis ketakutan masyarakat yang ingin diberikan vaksin.

Selain memberikan edukasi dan semangat bagi para tenaga kesehatan, Wali Kota Makassar juga memantau kesiapan ambulans milik Pemkot yang akan di gunakan untuk operasional pemberian vaksin.
Baca juga: Ketua MPR tinjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Makassar
Baca juga: Dinkes Makassar siapkan 47 puskesmas untuk vaksinasi COVID-19

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar