Telkomsel tambah 121 BTS baru optimalisasi jaringan di Sumatera

id telkomsel,bts telkomsel,jalur mudik,trafik jaringan,jalan tol,tol trans sumatera

Telkomsel tambah 121 BTS baru optimalisasi jaringan di Sumatera

Ilustrasi - Petugas memeriksa jaringan base transceiver station (BTS) milik Telkomsel di BTS Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (5/5). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/15

Palembang (ANTARA) - PT Telkomsel menambah 121 Base Transceiver Station (BTS) 4G yang baru untuk mengoptimalisasi jaringan di wilayah Sumatera, termasuk sejumlah titik di jalur Tol Trans Sumatera.

Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam keterangan pers secara virtual, Rabu, mengatakan perusahaannya meningkatkan optimalisasi jaringan di 165 Point of Interest (POI) meliputi 58 residensial, 67 special area yakni pusat pelayanan publik, perbelanjaan, 14 bandara/pelabuhan, tujuh Rumah Sakit Rujukan COVID-19, dan 18 Jalur Transportasi dan jalur mudik, dan satu tempat ibadah di wilayah Sumatera.

Telkomsel juga telah menggelar drive test atau pengecekan jaringan hingga lebih dari 7.000 kilometer yang mencakup ruas tol Trans Sumatera dan jalur alternatif serta utama di wilayah Sumatera.

Pengoptimalan jaringan tersebut dilakukan karena Telkomsel memprediksi akan ada peningkatan trafik komunikasi sepanjang momen Ramadhan dan Idul Fitri 2021 di wilayah Sumatera.

Trafik layanan broadband di Sumatera akan tumbuh hingga 12,3 persen, sementara untuk trafik layanan panggilan suara akan tumbuh 1,8 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Kami menyakini pemanfaatan produk dan layanan digital pelanggan di wilayah sumatera akan semakin tinggi, apalagi di momen Ramadhan dan ldul Fitri kali ini,” kata dia.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan aktivasi produk dan layanan, Telkomsel menjamin ketersediaan produk selama RAFI 2021 melalui penguatan sinergi dengan mitra Telkomsel Authorized Partner, reseller/merchant, serta mitra modern channel (perbankan dan e-commerce).

Hal tersebut salah satunya juga diwujudkan melalui program Tukar Kartu ke 4G yang memberikan kemudahan lebih bagi pelanggan dalam mengganti kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik itu secara online melalui layanan mitra e-commerce maupun offline di GraPARI dan mitra outlet terdekat.

Selain itu, pelanggan kini juga bisa mendapatkan berbagai produk Telkomsel di aplikasi Gojek berkat kehadiran lebih dari 24.000 mitra reseller/outlet Telkomsel di wilayah layanan operasional GoShop.

Optimalisasi pelayanan pelanggan pun tidak hanya dijalankan di saluran digital. Telkomsel memastikan bahwa seluruh GraPARI di Indonesia tetap beroperasi normal selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dengan menjalankan protokol kesehatan.

Secara nasional, Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi, yang mana trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen.

Proyeksi tersebut terutama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan dan pengalaman lebih dalam menjalani aktivitas keseharian, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Telkomsel optimasi jaringan wilayah perumahan pada Ramadhan-Lebaran

Baca juga: Telkomsel amankan jaringan selama Ramadhan dan Idul Fitri

Baca juga: Garena Indonesia dan Telkomsel kolaborasi dalam Free Fire

 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar