Ade Yasin dapat banyak ide dari milenial peserta "Bogor Leaders Talk"

id Ade yasin, bogor leaders talk, kabupaten bogor, jawa barat

Ade Yasin dapat banyak ide dari milenial peserta "Bogor Leaders Talk"

Bupati Bogor saat acara Bogor Leaders Talk di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pemkab Bogor)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin mendapat banyak ide dari peserta "Bogor Leaders Talk", yakni kompetisi menyampaikan aspirasi secara virtual bagi kaum milenial.

"Jadi mereka tidak akan sia-sia mengemukakan ide pemikirannya. Dengan kata lain ini adalah bentuk aspirasi para pemuda Indonesia pada umumnya, dan khususnya pemuda Kabupaten Bogor," ungkapnya usai pelaksanaan final "Bogor Leaders Talk", Kamis.

Menurut dia, ide-ide dan masukan dari para peserta akan menjadi bahan evaluasi serta acuan Pemkab Bogor dalam menjalankan roda pemerintahan maupun pembangunan Kabupaten Bogor ke depan.

Di samping itu, Ade Yasin mengaku terkesan dengan banyaknya gagasan yang disampaikan oleh para peserta melalui rekaman video, kemudian dihadirkan langsung di Auditorium Setda Cibinong pada Rabu (21/4) saat acara malam final.

"Ketika sudah punya modal percaya diri untuk mengemukakan pendapat dan terus dikembangkan, Insya Allah pemuda-pemuda ini akan menjadi pemimpin masa depan,” kata Ade Yasin.

Baca juga: Hari Kartini, Bupati Bogor ajak ibu-ibu peduli lingkungan
Baca juga: Bupati Bogor rumuskan percepatan pemulihan ekonomi di 2022

Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor sekaligus juri dalam "Bogor Leaders Talk", Saepudin Muhtar alias Gus Udin menyebutkan bahwa kegiatan yang melibatkan puluhan anak muda itu patut dijadikan momentum oleh Pemkab Bogor untuk ajang musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kolosal.

"Pemerintah daerah konteksnya hari ini setelah mendapat ide gagasan, memilih mana yang lebih 'simple' yang bisa kita terapkan. Sekarang anggaplah pemkab beli ide gagasan kepada anak muda," ungkap Gus Udin.

Menurut dia, untuk membangun Kabupaten Bogor tak hanya bisa bertumpu pada pemerintah, melainkan juga peran pihak terkait (stakeholder), salah satunya yaitu pemuda.

Juri lainnya, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof Arif Satria memuji langkah Pemkab Bogor yang mau melibatkan anak muda untuk memikirkan arah pembangunan daerahnya.

"Kita berharap bahwa calon-calon pemimpin masa depan yang berpartisipasi dalam acara 'Bogor Leaders Talk', benar-benar menjadi orang sukses, punya integritas, punya ;soft skill' dan 'hard skill' sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan," kata Ketua Forum Rektor Indonesia itu.
Baca juga: Selangkah lagi menuju kemajuan Tenjo
Baca juga: Tenjo akan menjadi wilayah maju

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar