Pegiat lingkungan: Gunakan air secukupnya bentuk jaga Bumi

id Hari Bumi,Gunakan air secukupnya,Hemat listrik

Pegiat lingkungan: Gunakan air secukupnya bentuk jaga Bumi

Artis yang juga pegiat lingkungan dan sosial Shanna Shannon dalam acara memperingati Hari Bumi bertajuk "Puisi Bumi Pertiwi" dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (22/4/2021). ANTARA/Zubi Mahrofi.

Jakarta (ANTARA) - Artis yang juga pegiat lingkungan dan sosial Shanna Shannon menyampaikan menggunakan air secukupnya merupakan bentuk upaya kecil menjaga Bumi.

"Perbuatan nyata sebagai wujud kita untuk menjaga Bumi bisa dalam hal kecil, seperti memakai air secukupnya dan jangan buang sampah sembarangan," ujar Shanna, dalam acara memperingati Hari Bumi bertajuk "Puisi Bumi Pertiwi" di Jakarta, Kamis.

Selain itu, lanjut dia, partisipasi masyarakat dalam menjaga Bumi juga bisa dalam bentuk menghemat listrik.

Menurut dia, Bumi memerlukan perhatian dan kepedulian dari semua penghuninya dalam menjaga dan melestarikan dari ancaman kerusakan lingkungan hidup dan perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.

Pada kesempatan itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan bahwa menjaga Bumi dan melestarikan alam adalah panggilan jiwa bagi setiap anak bangsa.

"Kini Bumi semakin rentan dimakan usia dan diperah manusia, kita tidak boleh lagi abai dan membiarkan Bumi yang semakin menua," ujarnya.

"Restorasi bumi saat ini jaminan masa depan anak cucu kita nanti," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan Bumi adalah rumah dan masa depan anak cucu kita semua.

"Sudah sepatutnya kita memberikan masa depan yang lebih baik dengan mensyukuri dan menjaga apa yang ada di Bumi saat ini," ucapnya.

Pada kesempatan itu pun Riza menyampaikan sebuah pantun. "Bumi sanang padi menjadi, Padi manguniang jaguang dipatahkan, Kana dek kito basamo sadari kini, Jago alam jan ka binaso, Ingek nagari ka dipatenggangkan".

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar