Ketua MPR: Harkitnas jadi aspirasi majukan pendidikan nasional

id MPR RI,Hari Kebangkitan Nasional,Harkitnas

Ketua MPR: Harkitnas jadi aspirasi majukan pendidikan nasional

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-MPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021 dapat dijadikan aspirasi dalam memajukan pendidikan nasional, salah satunya akselerasi kebijakan dalam bidang pendidikan.

"Dengan itu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju dan beradab, meskipun saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan pandemi COVID-19," kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Ketua MPR: Polri siapkan stiker bagi kendaraan pemudik bebas COVID-19

Dia meminta pemerintah dapat mempermudah akses pendidikan untuk seluruh warga negara, yaitu bersifat menyeluruh dan tidak diskriminatif.

Langkah itu, menurut dia, agar setiap warga negara mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan sesuai ketentuan dalam Pasal 31 UUD 1945.

"Saya meminta pemerintah melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam konteks pemerataan kewilayahan agar Indonesia mampu bangkit secara bersama-sama menuju bangsa Indonesia yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Ketua MPR RI mengapresiasi capaian kinerja 100 hari Kapolri

Politisi Partai Golkar itu berharap pemerintah dapat meningkatkan pemulihan ekonomi di tengah pandemi  COVID-19 namun tetap memperhatikan sektor pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Ketua MPR soroti temuan 4 ribu pemudik terkonfirmasi positif COVID-19


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar