Assalamualaikum Wr Wb

1. Saya pernah membaca buku yang manyatakan bahwa batas akhir waktu sholat itu pada 1/3 malam pertama? bagaimana dengan waktu sholat yang lain?

2. Apa yang dimaksud shalat hajat?

3. Adakah puasa hajat itu? bahkan ada yang bilang ada puasa hajat 3 hari sampai 7 hari berturut agar hajatnya segera terkabul.

Wassalamua'aikum? Wr Wb

Ridho - Sidoarjo

Assalamu alaikum wr.wb.

1. Waktu shalat isya dimulai dari habisnya waktu maghrib, yakni ketika syafaq (warna kemerahan yang tampak di ufuk) telah sirna hingga pertengahan malam. Hal ini sebagaimana hadits riwayat Muslim, "Jika kalian shalat isya, maka waktunya hingga pertengahan malam." dalam riwayat lain disebutkan bahwa, "Waktu shalat isya adalah hingga pertengahan malam." Maknanya menurut an-Nawawi bahwa itulah waktu pilihan untuk melaksanakan shalat isya. ? Adapun sesudah pertengahan malam, tidak boleh lagi dilakukan shalat isya kecuali dalam kondisi darurat atau terpaksa. Misalnya jika terlupa atau tertidur.

2. Shalat hajat adalah shalat yang dilakukan dalam rangka meminta hajat kepada Allah. Para ulama berbeda pendapat terkait dengan shalat ini sebab sejumlah riwayat yang terkait dengan shalat hajat sangat lemah. sebagian mengatakan tidak disyariatkan, sementara sebagian lagi membolehkan dengan alasan bahwa shalat merupakan wasilah bagi terkabulnya doa. Di antara hadits yang terkait dengan shalat hajat adalah sabda Rasul saw yang berbunyi, "Siapa yang memiliki hajat kepada Allah atau kepada salah seorang manusia, hendaknya ia berwudhu lalu melaksanakan shalat dua rakaat. Setelah itu ia memuji Allah dan bersalawat kepada Rasulullah saw dan mengucap,

?

?? ??? ??? ???? ?????? ?????? ????? ???? ?? ????? ?????? ????? ??? ?? ????????? ????? ?????? ????? ?????? ?????? ?? ?? ??? ???????? ?? ?? ?? ???????? ?? ?? ???? ?? ??? ????? ??? ????? ??? ???? ??? ????? ??? ???? ?? ?? ??? ??? ?????? ?? ???? ????????

3. Tidak ada tuntunan berpuasa hajat seperti yang Anda sebutkan. Yang ada hanyalah bahwa jika ingin hajat, pinta, dan doa kita dikabul, maka iringi dengan amal-amal salih.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Pewarta: rifoke75@yahoo.com (arif sulis
Copyright © ANTARA 2010