Moeldoko apresiasi program vaksinasi COVID-19 di Sekolah Santa Ursula

id KSP, Moeldoko,vaksinasi

Moeldoko apresiasi program vaksinasi COVID-19 di Sekolah Santa Ursula

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau program vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Serviam Sekolah Santa Ursula, Jakarta Pusat, Jumat (2/7) (ANTARA/HO-KSP/)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengapresiasi pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Sekolah Santa Ursula, Jakarta,  karena dapat membantu mempercepat program vaksinasi nasional yang sedang digalakkan pemerintah.

Dalam kunjungannya ke Sentra Vaksinasi Serviam di Sekolah Santa Ursula, Jakarta, Jumat, Moeldoko mengaku melihat suasana gotong royong saat vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Moeldoko surati Menkes agar bangun RSJ di enam provinsi

"Hari ini saya melihat kegiatan yang luar biasa. Program ini berkontribusi pada program pemerintah yang mendukung percepatan vaksinasi nasional," kata Moeldoko melalui keterangan tertulis.

Di tengah keterbatasan tenaga kesehatan saat ini, Moeldoko mengapresiasi peran masyarakat yang turut menjadi sumber daya terlatih dalam program vaksinasi COVID-19. Proses vaksinasi itu pun terorganisasi dengan baik, mulai pendaftaran, penapisan awal, proses penyuntikan hingga proses observasi.

"Ini perlu diapresiasi dan program seperti ini bisa dijadikan model untuk program giat vaksinasi lainnya secara nasional dengan pengorganisasian yang luar biasa," katanya.

Moeldoko mengungkapkan target pemerintah untuk kapasitas suntikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 juta dosis per hari pada Agustus 2021 adalah target yang tidak mudah. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menemukan cara dan upaya baru yang efisien dalam vaksinasi COVID-19.

Moeldoko juga mengajak swasta dan masyarakat untuk dapat bersama-sama mengatasi pandemi COVID-19 dengan membantu penyediaan kebutuhan pendukung seperti Alat Pelindung Diri (APD), alat-alat kesehatan, dan pengerahan tenaga non-kesehatan untuk mendampingi tenaga kesehatan dalam bertugas.

Dia berjanji akan terus berkomitmen untuk menyediakan vaksin bagi seluruh warga negara.

Percepatan vaksinasi COVID-19 adalah salah satu program pemerintah untuk mengatasi laju penularan COVID-19 di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan sebanyak 30,2 juta penduduk Indonesia sudah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama hingga 1 Juli 2021.

Program vaksinasi di Santa Ursula ini sudah diselenggarakan sejak Maret 2021 dengan melibatkan 197 relawan tenaga kesehatan dan 250 relawan non-tenaga kesehatan.

Baca juga: BPOM beri izin penggunaan darurat vaksin Moderna

Baca juga: Sentra vaksinasi tiket.com diperpanjang hingga 10 Juli

Vaksinasi COVID-19 secara gratis ini terbuka untuk semua warga, baik yang memiliki KTP Jakarta maupun KTP non-Jakarta. Vaksinasi dosis pertama di Santa Ursula ini berakhir pada 3 Juli 2021, dan akan dibuka kembali pada akhir Juli 2021 untuk program vaksinasi dosis ke-2.

Relawan yang berdialog dengan KSP mengatakan bahwa animo masyarakat untuk program vaksinasi ini cukup besar. Total 500 hingga 1.000 orang yang mengikuti vaksinasi COVID-19 setiap hari.

"Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada alumni Santa Ursula, Theresia dan Santa Maria atas inisiatifnya membantu program vaksinasi pemerintah," kata KSP Moeldoko.


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar