PDIB: ASN-penyuluh agama perkuat sosialisasi 5M jangkau masyarakat

id PDIB,James Allan Rarung,duta 5M,sosialisasi 5M

PDIB: ASN-penyuluh agama perkuat sosialisasi 5M jangkau masyarakat

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu dr. James Allan Rarung (dua dari kiri) berbicara konferensi pers terkait Pertemuan Akbar Dokter Indonesia di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) mengatakan pelibatan aktif aparatur sipil negara (ASN) dan penyuluh agama sebagai duta 5M akan memperkuat sosialisasi 5M atau protokol kesehatan untuk semakin menjangkau masyarakat luas di Tanah Air.

"Semakin banyak yang terlibat secara aktif dalam melakukan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) terkait COVID-19 dan tindakan pencegahannya seperti disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan gerakan 5M, maka sosialisasi akan semakin baik," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) dr James Allan Rarung saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

5M adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi dan menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Serta didukung dengan mengikuti program vaksinasi.

Baca juga: PDIB: Ada potensi terinfeksi COVID-19 meski sudah disuntik vaksin

Baca juga: PDIB: Paket obat COVID-19 dari Jokowi harus disalurkan tepat sasaran


Menurut James, pelibatan secara aktif puluhan ribu penyuluh agama dan jutaan ASN sebagai duta 5M atau protokol kesehatan perlu diberikan apresiasi yang tinggi.

Tentu saja, pemahaman yang baik dan benar tentang seluk beluk protokol kesehatan adalah hal yang wajib dimiliki para duta 5M.

"Kalau perlu diberikan pelatihan tambahan bagi yang belum memahami secara lengkap," ujarnya.

James menuturkan yang terpenting dilakukan para duta 5M adalah secara aktif selalu memberikan contoh menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Duta 5M juga selalu mengajak individu-individu di dalam masyarakat yang belum menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar untuk menjalankannya sebagai pola hidup sehari-hari.

"Apabila ada yang belum memiliki pemahaman tentang menjalankan protokol kesehatan, maka para duta ini tidak segan-segan untuk selalu memberikan sosialisasi dan promosi," ujar James.

Baca juga: Disiplin 3M harus ditindaklanjuti evaluasi dan pemantauan, sebut PDIB

Baca juga: PDIB imbau masyarakat lakukan silahturahmi virtual

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar