Kemenkumham syaratkan uji usap antigen peserta tes CPNS

id kanwil kemenkumham,kemenkumham kalteng,ilham djaya,andap,Andap Budhi Revianto.,tes cpns,aa

Kemenkumham syaratkan uji usap antigen peserta tes CPNS

Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani tes usap antigen COVID-19 di halaman The Sultan Convention Center, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (3/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya mengatakan Kemenkumham mensyaratkan uji usap (swab) antigen bagi peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

"Peserta diharapkan menjaga kesehatan karena pada saat pelaksanaan SKD CPNS nanti semua Peserta diwajibkan membawa hasil PCR/Rapid Test Antigen," kata Ilham di Palangka Raya, Sabtu.

Selain itu dia juga meminta para peserta tes CPNS di Kemenkumham 2021 mempersiapkan diri baik dari sisi materi maupun memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan baik terutama saat pelaksanaan SKD.

Pernyataan itu diungkapkan Ilham terkait tahapan seleksi SKD CPNS Kemenkumham. SKD akan diselenggarakan mulai tanggal 19 September 2021.

Baca juga: BKN: Pelaksanaan tes SKD terpantau lancar

Baca juga: BKN: Hasil tes SKD akan disiarkan di kanal YouTube BKN


SKD CPNS Kemenkumham sendiri akan diikuti 317.629 peserta yang telah memenuhi seleksi administrasi. Jumlah ini terdiri dari 281.546 peserta SLTA sederajat dan 36.083 peserta non SLTA.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto mengatakan panitia telah menetapkan pelaksanaan SKD Kemenkumham mulai 19 September hingga 31 Oktober 2021.

Andap berharap setiap peserta SKD dapat memperhatikan jadwal ujian karena setiap daerah berbeda tanggal pelaksanaannya. Adapun kepastian jadwal dan lokasinya akan diumumkan tanggal 10 September ini.

"Insyaallah, jadwal dan lokasi pelaksanaan akan diumumkan pada tanggal 10 September, pekan depan," ujarnya.

Para peserta seleksi CPNS diminta untuk memperhatikan secara baik jadwal dan lokasinya, baik pelamar non-SLTA dan SLTA. Bagi pelamar non SLTA, lokasi ujian sesuai dengan pilihan pelamar pada saat pendaftaran. Sementara itu lokasi ujian bagi pelamar SLTA adalah sesuai wilayah formasi jabatan yang dipilih.

Saya harapkan para peserta SKD untuk memperhatikan baik-baik jadwal dan lokasi ujian pada pengumuman. Jangan sampai salah, karena akan merugikan diri sendiri. Misalnya, pelamar SLTA formasi jabatan penjaga tahanan di Aceh, maka seluruh tahapan tes dilaksanakan di Aceh," katanya.

Selama menunggu jadwal tes, Andap meminta agar para peserta seleksi CPNS memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar dan mempersiapkan diri semaksimal mungkin
.
SKD Kemenkumham tahun ini akan diselenggarakan oleh Kemenkumham bersama BKN dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem ini dipilih untuk menjamin transparansi hasil tes dan menghindarkan kecurangan. Dengan sistem CAT, masyarakat bisa memantau skor peserta secara real time.

Andap kembali mengingatkan kepada para peserta dan keluarga peserta untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan bantuan kelulusan atau joki, karena seluruh tahapan seleksi CPNS dilaksanakan dengan profesional dan akuntabel. Setiap peserta dinilai menurut kemampuan dan hasil tesnya sendiri.

Peserta dan masyarakat dapat turut mengawasi jalannya seleksi CPNS Kemenkumham dengan memberikan laporan pengaduan melalui aplikasi SIAP KUMHAM yang bisa diunduh melalui PlayStore.

"Jika ada masyarakat curiga adanya pelanggaran atau kecurigaan dalam proses seleksi ini, silakan laporkan melalui aplikasi SIAP KUMHAM. Semua jenis pelanggaran akan ditindaklanjuti dan diberi sanksi jika terbukti," kat mantan Kapolda tiga kali itu.

Andap juga kembali mengingatkan agar setiap peserta berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi seputar seleksi CPNS Kemenkumham.

Panitia hanya memberikan informasi resmi terkait seleksi CPNS di laman cpns.kemenkumham.go.id, akun IG @cpns.kumham dan @kemenkumhamri, serta akun Twitter @cpnskumham dan @Kemenkumham_RI.*

Baca juga: BKN siap laksanakan tes SKD pada 2 September 2021

Baca juga: Peserta seleksi CASN wajib lakukan tes COVID-19

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar