Dirjen Dikti dukung percepatan pengembangan Itera menuju BLU

id Itera,Lampung,Lampung Selatan,Kampus,Kampis merdeka

Dirjen Dikti dukung percepatan pengembangan Itera menuju BLU

Tangkapan layar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nizam, saat melakukan zoom meeting dengan Itera. ANTARA/HO-Humas Itera.

Bandarlampung (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nizam, mendukung penuh percepatan pengembangan Institut Teknologi Sumatera (Itera) menuju Badan Layanan Umum (BLU).

"Tentunya selain Itera harus terus meningkatkan mutu pendidikan kami juga akan mendukung kampus ini menuju BLU," kata Nizam, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, sebagai perguruan tinggi baru, memang Itera terus berpacu cepat dengan fokus berkembang menjadi contoh kampus yang ramping tetapi modern serta dapat berlari kencang mengiringi dinamika perubahan dunia kerja.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut minat wirausaha mahasiswa meningkat

"Saya sangat mendukung rencana Itera, termasuk menuju BLU, dan akan dikembangkan sebagai organisasi yang ramping akan tetapi berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Selain itu ia juga menekankan bahwa pentingnya kolaborasi dalam pengembangan Itera, terlebih kini Provinsi Lampung telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

"Dengan banyaknya pusat riset dan inovasi yang dimiliki Itera, tentunya kita akan dorong perguruan tinggi ini dapat membangun kolaborasi bersama dunia industri sehingga riset yang dihasilkan dapat diimplementasikan," kata dia.

Sementara Rektor Itera Prof. Dr. -Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyampaikan perkembangan perguruan tinggi ini dalam tujuh tahun berdiri dengan berbagai program strategis dan capaiannya.

Baca juga: Ditjen Dikti gandeng ahli tingkatkan SDM penyelesaian sengketa

"Saat ini, Itera telah memiliki tiga jurusan dengan 35 program studi dan satu program pasca sarjana, dengan jumlah dosen 512 orang, 394 tenaga kependidikan, dan lebih dari 17 ribu mahasiswa," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Itera juga sudah memiliki 14 pusat riset dan inovasi, serta 35 Layanan Kepakaran Itera for Sumatera.

"Beberapa program strategis juga telah kami lakukan, mulai dari Itera for Sumatera, mengupayakan peningkatan akreditasi institusi dan Prodi, hingga percepatan menuju status BLU dari yang saat ini satuan kerja (Satker)," kata dia.

Ia berharap pada usia Itera yang ke -7 ini Dirjen Dikti dapat mendukung penuh perguruan tinggi ini dalam peningkatan mutu pendidikan.

Terkait kolaborasi dengan dunia Industri guna perkembangan Itera, Rektor mengungkapkan bahwa Itera juga sudah melakukan hal tersebut salah satunya dengan membangun laboraturium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di kampus ini.

"Kami juga sudah berkolaborasi dengan industri dan swasta dengan membangun laboratorium PLTS terbesar di kampus Itera,” kata Rektor.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan rencana kegiatan Dies Natalis ke-7 Itera yang akan mengundang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudistek) Nadiem Makarim guna menyampaikan orasi terkait Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) atau Kebijakan Pengembangan Perguruan Tinggi Sains dan Teknologi di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Itera buat teknologi penyuling air laut tenaga surya
Baca juga: Itera ajak anggota konsorsium internasional riset energi terbarukan

 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar