Garut canangkan Program Gentra Karya ciptakan lapangan kerja

id Pemkab Garut, Garut, COVID-19, tenaga kerja

Garut canangkan Program Gentra Karya ciptakan lapangan kerja

Bupati Garut Rudy Gunawan memberikan sambutan dalam acara Lokakarya Gentra Karya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencanangkan Program Gentra Karya (Gerakan Tenaga Kerja Berkarya) untuk meningkatkan investasi sehingga tercipta lapangan kerja yang akhirnya bisa mengatasi pengangguran dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Saya menyambut dengan sangat luar biasa atas satu gerakan perubahan dalam rangka meningkatkan investasi dan lapangan pekerjaan yaitu Gentra Karya," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat membuka kegiatan Workshop Gentra Karya dengan tema Strategi Kolaborasi Penurunan Angka Pengangguran Melalui Gerakan Tenaga Kerja Berkarya di Kabupaten Garut, Selasa.

Ia mendukung lokakarya terkait program Gentra Karya sebagai langkah mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama menciptakan lapangan kerja sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Garut.

Baca juga: Stimulus pemerintah bantu tekan pengangguran karena COVID-19

Program Gentra Karya itu, kata dia, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah, tapi ada peran lain yakni perguruan tinggi, dunia usaha, komunitas, dan media massa yang disebut dengan konsep Pentahelix.

"Ini akan menjadi dasar dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat, menurunkan angka pengangguran, meningkatkan investasi, dan tentu dengan Pentahelix, kerja sama dengan perguruan tinggi, dunia usaha, pemerintah dan pers," kata Bupati.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut Erna Sugiarti menyatakan Gentra Karya merupakan suatu terobosan dari Disnakertrans Garut yang berkolaborasi secara Pentahelix dengan beberapa elemen untuk menangani angka pengangguran.

"Kami di Dinas Tenaga Kerja ini diamanahkan untuk bisa menurunkan angka pengangguran dari 8,9 itu menjadi 6,91 (persen)," katanya.

Baca juga: Kemenpora dorong pemuda berwirausaha ciptakan lapangan kerja baru

Namun upaya mengurangi angka pengangguran itu, kata Erna, tidak bisa dilakukan oleh pemerintah daerah khususnya Disnakertrans Garut, melainkan semua unsur terkait untuk sama-sama menciptakan lapangan kerja sehingga masyarakat mendapatkan penghasilan.

Menurut dia Gentra Karya memiliki tujuan agar masyarakat bisa memiliki keterampilan sehingga bisa berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya.

"Gentra Karya ini memanggil semua unsur masyarakat dan 'stakeholder' untuk bisa berbuat, bekerja, atau berkarya," katanya.

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar